Kajati Sulteng Resmikan Gedung Baru Kejaksaan Negeri Banggai

oleh -484 views
Kajati Sulteng, H. M. Rum SH, MH, menandatangani prasasti peresmian gedung baru kantor Kejaksaan Negeri Banggai didampingi Kajari Banggai, Ramdhanu Dwiantoro SH dan unsur Forkopimda, Senin (11/11) pagi. [Foto: SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tengah, Drs. H. M. Rum SH, MH, meresmikan langsung gedung baru kantor Kejaksaan Negeri Banggai di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 171, Luwuk pada Senin, 11 November 2019.

Didampingi Kajari Banggai, Ramdhanu Dwiantoro SH, MH, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banggai, Kajati Sulawesi Tengah H. M. Rum meresmikan gedung berlantai tiga tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita. Dalam sambutannya, kajati mengungkapkan merupakan kehormatan baginya dapat hadir di kota Luwuk.

Ia berharap momentum pertemuan seperti itu dapat dijadikan perekat persatuan dalam pembangunan daerah. Hal yang patut disyukuri adalah keberhasilan pada pembangunan gedung hingga proses hibah yang tidak mudah.

“Pembangunan gedung baru ini adalah bukti komitmen yang baik dari pemerintah daerah mendukung penegak hukum dalam peningkatan pelayanan kinerja kepada pencari keadilan,” kata H. M. Rum.

Adanya bangunan baru ini, dapat memotivasi kinerja aparat penegak hukum Kejari Banggai dala mengoptimalkan fungsi dan pengawasan serta penanganannya. Terutama dalam mewujudkan keadilan dalam penegakan hukum.

Baca juga:  Bandara SA Amir Luwuk Beroperasi Ditengah Sejumlah Maskapai Cancel Flight

Seperti salah satunya pengawalan dan penanganan progres pembangunan di daerah. Meski begitu, kerjasama melalui program TP4D antara Kejaksaan dan Pemda tidak menghilangkan penindakan jika terbukti adanya pelanggaran.

“Jadi bukan oknum yang kita kawal, tapi progres dan target pembangunannya yang harus kita kawal. Agar masyarakat dapat menikmati pembangunan yang tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran,” pungkasnya.

Sementara itu, Kajari Banggai, Ramdhanu Dwiantoro mengatakan dengan adanya hibah gedung dari pemerintah daerah maka pihaknya sebagai yudikatif siap membangun kerjasama dalam pengawalan dan pengawasan pembangunan daerah Kabupaten Banggai.

Menurutnya, selama bertugas hampir tiga tahun di daerah ini, Ramdhanu mengaku salut atas kinerja Bupati Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo.

“Terima kasih bapak sudah memercayakan kami kejaksaan bisa memberikan sumbangsi pemikiran hukum pada pembangunan di Kabupaten Banggai,” kata Ramdhanu, Senin (11/11) dalam sambutan didampingi Ketua IAD Kejari Banggai, Herlina Ramdhanu.

Baca juga:  Pendamping Desa Dilarang Terlibat Politik Praktis

Ia juga mengungkapkan pembangunan awal pihaknya harus berhati-hati saat naik ke lantai dua. Pasalnya, bangunan lantai terlalu tipis. Namun, hal itu terselesaikan setelah pihaknya berkoordinasi dengan bupati Banggai.

“Proses hibah adalah hal yang biasa. Baik dari pusat maupun daerah. Tidak ada yang menyimpang sesuai legalitas yang benar. Terima kasih pak bupati, wakil bupati dan ketua dewan,” ungkap Ramdhanu.

Bupati Banggai, Herwin Yatim mengaku bahwa pada awalnya proses hibah ini sempat dievaluasi karena bangunannya dianggap tidak layak sebagai kantor. Jika dipaksakan, itu bisa membahayakan.

Olehnya, setelah melakukan kajian bersama orang teknis dari salah satu universitas nasional akhirnya rancangan bangunan diubah. Dengan begitu, gedung baru Kejari Banggai menjadi lebih kokoh dan layak dijadikan kantor.

Bupati Herwin juga menegaskan agar Kejari Banggai tidak ragu-ragu melakukan penindakan meski ada kerjasama TP4D dengan pemerintah daerah. Jika ada kesalahan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak dapat di tolelir maka wajib untuk ditindaki, sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi yang lainnya.

Baca juga:  ASDP Pastikan Semua Penumpang Aman Pasca Tabrakan dengan Kapal Perintis

“Jangan kira setelah ada TP4D kemudian mereka seenaknya. Kita profesional. Jika ada pelanggaran saya harap itu ditindaki,” ungkap Bupati Herwin.

Peresmian gedung baru kantor Kejaksaan Negeri Banggai dihadiri oleh Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM, Wakil Bupati Banggai, Drs. Mustar Labolo, Ketua DPRD Banggai Suprapto, Ketua PN Luwuk Acmad Suhel Nadjir, Kapolres Banggai Budi Priyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut Yanto, dan Kajari Banggai (baru) Masnur, Kalapas Luwuk Soetopo, serta sejumlah pimpinan dan perwakilan instansi vertikal lainnya.

Diketahui, gedung baru tersebut merupakan gedung yang awalnya dibangun pemerintah daerah sebagai gedung KORPRI, dan sempat dilirik Kejari Banggai karena adanya keterlambatan. Namun, pada tahap penyelesaian pembangunan, gedung itu ternyata dihibahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai atas persetujuan DPRD Banggai sebagai gedung baru kantor Kejaksaan Negeri Banggai.*

 

(van)

No More Posts Available.

No more pages to load.