Jurus Jitu Bupati Banggai Mengungkit Ekonomi

oleh -1.098 views
Lahan pertanian di Desa Salodik, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai, 27 Mei 2021. Pemerintah Kabupaten Banggai bertekad untuk memodernisasi sektor pertanian. [Foto: Sangalu/Ist]

 SANGALU, Luwuk-Di tengah tekanan ekonomi akibat pagebluk, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka bertekad mengungkit kesejahteraan melalui sejumlah program. Misinya dituangkan menjadi program pemerintah Kabupaten Banggai.

“Yang kami harapkan dapat mewujudkan Banggai yang lebih produktif,” jelas Amirudin di hadapan para wakil rakyat saat serah terima jabatan di DPRD Banggai, Kamis (10/6).

Untuk mewujudkan rencana itu, ujar dia, langkah awal adalah validasi data warga miskin dan rentan miskin di Kabupaten Banggai untuk berbagai skema bantuan sosial yang akan digulirkan. Data itu juga berguna untuk memaksimalkan perlindungan sosial.

Baca juga:  Amir-Furqan Jalani Pemeriksaan Swab di RSUD Luwuk

“Inilah hal-hal yang menjadi prioritas di kepemimpinan kami. Tentunya akan terus kami revisi sesuai kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, ia bertekad untuk melakukan modernisasi koperasi, merealisasikan program Rp 1 juta per pekarangan, serta penyertaan modal sebesar Rp 500 juta untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kemudian peningkatan akses perumahan layak huni dan aman.

Di bidang pertanian, penerapan smart farm atau pertanian cerdas. Adapun di sektor pariwisata, di masa pemerintahannya Pulau Dua, Air Terjun Salodik, dan Teluk Lalong akan menjadi destinasi prioritas.

Baca juga:  Tiga Pimpinan DPRD Banggai Diambil Sumpah

Ia memahami, cita-cita mengantarkan Kabupaten Banggai sehat, produktif, dan sejahtera tidak semudah membalikkan telapak tangan. “Ini semua hanya terus menjadi angan dan mimpi belaka ketika kita tidak mulai bekerja dan fokus pada keberhasilan,” ujar kepala daerah berlatar belakang pengusaha itu.


Destinasi wisata Air Terjun Salodik yang akan menjadi destinasi prioritas di masa pemerintahan Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili. [Foto: Sangalu/Ist]
 Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili menyatakan, selain masalah Covid-19 terdapat tantangan ekonomi yang tidak begitu gembira. “Sehingga ini pasti akan berdampak pada ekonomi daerah,” katanya, Selasa (8/6).

Furqanuddin optimistis, Bupati Amirudin Tamoreka yang berlatar belakang sebagai pebisnis memiliki pengalaman untuk mendorong pendapatan daerah. “Kita punya banyak potensi yang perlu kita optimalkan,” tuturnya. *

Baca juga:  Bupati Banggai Evaluasi Kinerja PDAM

 (san)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.