HMI Desak Bupati Evaluasi APBD Banggai

oleh -159 views
HMI Cabang Luwuk-Banggai saat berdemonstrasi pada momentum serah terima jabatan Bupati Kabupaten Banggai Amiruddin Tamoreka-Furqanuddin Masulili di DPRD Banggai, Kamis (10/6/2021). [SANGALU/Ist]

SANGALU, Luwuk – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Luwuk-Banggai melakukan aksi demostrasi saat serah terima jabatan Bupati Kabupaten Banggai Amiruddin Tamoreka-Furqanuddin Masulili di DPRD Banggai, Kamis (10/6).

Menurut Ketua HMI Cabang Luwuk-Banggai Abdul Hakim Zamaun, aksi tersebut merupakan bentuk kecintaan organisasinya terhadap kondisi daerah yang sedang terpuruk.  APBD Kabupaten Banggai dari tahun ke tahun mengalami penurunan yang sangat jauh.

Pada masa pemerintahan Ma’mun Amir postur APBD Kabupaten Banggai berkisar Rp800 miliar, sedangkan di penghujung Bupati Sofhian Mile sekitar Rp 2,1 triliun. Nah, di masa kepemimpinan Herwin Yatim menukik tajam hingga berkisar Rp1,7 triliun.

Baca juga:  Hatimu Legowo, Ucapkan Selamat dan Titip Program pada Paslon AT FM

“Artinya postur APBD Kabupaten Banggai dalam kesakitan karena terjadi defisit yang sangat tajam,” paparnya.

Dalam kajian HMI Cabang Luwuk-Banggai Menurut Hakim, roda pemerintahan AT-FM di pastikan akan mengalami kesulitan besar karena pemerintahan hari ini merupakan lanjutan sebelumnya yang meninggalkan kesan buruk untuk Kabupaten Banggai.

Hakim menegaskan, kondisi tersebut bisa berdampak pada kestabilan kehidupan sosial, politik, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi yang akan menuju jurang kehancuran.

“Karena sangat kelihatan jelas dalam persentase margin antara belanja tidak langsung dan belanja langsung yaitu 80 persen banding 20 persen. Artinya program kerakyatan hanya berkisar 20 persen, sehingga jika ditelaah 9 program Aksi AT-FM ini dapat dipastikan akan mengalami kegagalan,” ungkap Hakim.

Karena itu,  selaku Ketua Umum HMI Cabang Luwuk-Banggai, ia menyarankan agar Bupati Banggai Amirudin Tamoreka dan Wakil Bupati Furqanuddin Masulili  segera mengevaluasi secara besar-besaran renstra OPD.

Baca juga:  Positif Covid-19 Melonjak Signifikan

“Sehingga akan dilihat mana yang pro terhadap rakyat dan mana OPD yang telah mematikan ekonomi rakyat,” ujar Hakim.*

 

(ctz)

No More Posts Available.

No more pages to load.