Belum Ada Permintaan Pengembalian BPIH

oleh -209 views
Asri Abasa

SANGALU,Luwuk— Pasca penundaan keberangkatan calon jemaah haji oleh Kementerian Agama, di Kabupaten Banggai, belum ada yang meminta pengembalian Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Kepala Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Banggai, Asri Abasa, mengonfirmasi hal itu. “Iya benar, belum ada sampai hari ini,” jelas dia saat ditemui di Masjid Agung An-nur Luwuk, Rabu (9/6).

Menurut dia, para calon jemaah haji yang batal berangkat tahun  2021 dipastikan akan diberangkatkan pada musim haji tahun 2022. “Mereka  diprioritaskan tahun depan,” tuturnya.

Baca juga:  BPK RI Temukan Permasalahan dalam Laporan Keuangan Lima Daerah di Sulteng

Namun, jika ada calon jemaah haji yang meminta pengembalian dana, prosedurnya paling lambat 1 bulan. Sebab, dari Kementerian Agama Kabupaten Banggai diteruskan ke Kementerian Agama Provinsi Sulteng, setelah itu ke Kementerian Agama RI.

Kemudian berlanjut ke Bank Indonesia (BI). Setelah itu, BPIH akan ditransfer ke masing-masing calon  jemaah haji. “Nanti yang bersangkutan pergi jemput di bank,” katanya.

Di Kabupaten Banggai, terdapat 207 calon jemaah haji yang hendak diberangkatkan ke Arab Saudi pada tahun 2021. Namun, harus ditunda karena pemerintah pusat memutuskan tak ada keberangkatan tahun ini. Seluruhnya  telah menyelesaikan BPIH, vaksinasi, hingga manasik “Untuk calon jemaah sudah siap mau berangkat,” katanya. *

Baca juga:  Pembentukan Instansi Pemadam Kebakaran Masih Dikaji

(san)

No More Posts Available.

No more pages to load.