Bappeda Bakal Bikin Portal Banggai Satu Data

oleh -494 views
Ramli Tongko

SANGALU, Luwuk-Digitalisasi yang pesat menuntut lembaga pemerintah untuk mendekatkan informasi dalam genggaman. Karena itu, Bappeda Kabupaten Banggai merencanakan portal Banggai Satu Data.

Kepala Bappeda Kabupaten Banggai, Ramli Tongko, menerangkan, pihaknya akan membangun portal Banggai Satu Data yang dapat diakses masyarakat. “Semua data  sektoral, seperti dinas-dinas, pertanian, perkebunan datanya nantinya beririsan dengan data  statistik,” ujarnya.

Untuk merealisasikannya, nanti terdapat forum satu data yang dipimpin Kepala Bappeda Kabupaten Banggai. “Menyediakan data valid, dan layak publikasi. Sebab, menjadi hak masyarakat juga untuk mendapatkan data yang valid,” paparnya.

Baca juga:  Maskapai Batik Air Tolak Pengiriman Sampel Kesehatan di Luwuk

Ia menerangkan, Banggai Satu Data mengacu pada Indonesia Satu Data yang sudah diakses semua pihak karena memang  menjadi kebutuhan masyarakat. “Jadi di mana pun masyarakat, dunia usaha, perusahaan, bisa mengakses portal data itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, tanpa data yang valid akan menyulitkan perencanaan pembangunan dan sulit merumuskan program dan intervensi jenis kegiatan. Karena itu, pada perubahan anggaran nanti portal Banggai Satu Data mulai dibuat.

Banggai Satu Data memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan data valid tanpa perlu  datang ke organisasi perangkat daerah. Penyediaan data ini menurut Ramli memang menjadi tugas pemerintah untuk menyediakannya sebagai bentuk keterbukaan.

Baca juga:  Kapolsek Bualemo Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada 2020

“Tugas kita menyediakan itu, dan harus bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Kalau ada yang tidak terpublikasi bebas, bisa bermohon untuk mendapatkan data itu,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, daerah-daerah  di Sulawesi Tengah mayoritas baru memulai, sementara di provinsi lain sudah lebih dahulu menggunakan sistem satu data. *

(Ldc)

No More Posts Available.

No more pages to load.