Pemda Tidak Pernah Berhutang ke PLN, Herwin: Ada Provokator

oleh -843 views

SANGALU, Luwuk – Bupati Banggai Herwin Yatim kembali menegaskan bahwa dirinya kerap diserang dengan isu negatif atas sejumlah persoalan di daerah, seperti isu yang menyebutkan bahwa salah satu penyebab sering padamnya listrik karena Pemda Banggai berhutang Rp1,5 miliar kepada pihak PLN Luwuk.

Itu diungkapkan Bupati Herwin saat dirinya mengikuti kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Batui dan Batui Selatan. Dalam sambutannya, Bupati Herwin menyebutkan bahwa dirinya mendapatkan kabar yang tengah viral bahwa pemadaman listrik di Kabupaten Banggai terjadi karena adanya hutang Pemda Banggai ke PLN Luwuk sebesar Rp1,5 miliar.

“Mendengar itu saya langsung minta ketua tim krisis energi, pak Hasanuddin Idris untuk periksa. Kroscek ke kepala PLN dan jawabannya tidak ada kalimat itu saat hearing di DPRD kemarin. Tidak ada kalimat pemda berhutang satu rupiahpun ke PLN. Berarti ada provokator,” tegasnya, Rabu (4/3).

Baca juga:  Duh! Kasus Positif Covid-19 Banggai Naik jadi 50 Orang

Bupati Herwin menjelaskan bahwa hearing atau rapat dengar pendapat itu dilaksanakan Komisi III DPRD Banggai karena menyangkut hak-hak masyarakat Kabupaten Banggai atas kondisi pelayanan pihak PLN Luwuk. Ia juga menegaskan bahwa Pemda Banggai pun telah mengambil langkah tegas dengan memberikan teguran kepada pihak PLN atas situasi ini.

“Saya bilang sama kepala PLN, pak hati-hati jangan sampai kita kehilangan kesabaran. Rakyat kalau hilang kesabaran pak, hati-hati. Lihat contoh Pagimana, rakyat hilang kesabaran, kantor PLN dibakar. Rakyat Pagimana lebih bagus pengendalian dirinya karena mati-mati lampu dia tidak bilang ganti bupati,” kata Herwin dalam sambutannya yang viral dalam sebuah video singkat.

Baca juga:  Jual Cap Tikus, Wanita 47 Tahun Diamankan Polisi

“Barangkali tidak ada di batui e, tidak ada? Kalau ada itu, kase tau itu timses jangan ajar bodoh itu rakyat. Apa hubungannya PLN dengan bupati. Manager PLN itu bukan SK-nya bupati. Kalau kau mau jadi bupati jangan kau buat berita hoaks. Apalagi menyudutkan kemudian menyesatkan,” sambungnya disambut aplause masyarakat yang hadir dalam Musrenbang.

Baca juga:

Bupati Herwin kemudian menyatakan jika memang ada kandidat yang ingin bertarung dalam momentum Pilkada Banggai sebaiknya menyiapkan program kemudian debat soal program yang akan diberikan kepada masyarakat. Sehingga hal itu dapat memberi pencerahan tanpa harus menyudutkan dengan isu tak sedap.

Baca juga:  Stok Beras di Pasar Simpong Kosong, Bulog Gelar Pasar Murah

“Mati lampu ganti bupati? Belum hee!” pungkasnya.

Bupati Herwin juga menegaskan bahwa dirinya tidak pernah takut jika memang sudah waktunya meletakkan jabatan sebagai bupati Banggai. Namun, Ia tak sependapat jika pada momentum Pilkada Banggai para tim sukses saling melempar isu negatif yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya tidak pernah takut diganti. Saya tidak takut diganti. Jabatan itu, kalau bukan kita yang tinggalkan, dia yang tinggalkan kita. Iya, tidak pernah takut saya mau diganti,” tutupnya.*

 

(van)

No More Posts Available.

No more pages to load.