Mantapkan Tugas, PABPDSI dan Forum BPD Pagimana Rapat Koordinasi

oleh -117 views
PABDSI Kabupaten Banggai dan Forum BPD Kecamatan Pagimana saat melaksanakan rapt koordinasi, Jumat  ( 11/6). Dalam pertemuan itu, hadir juga Ketua  PABDSI Kecamatan Lobu, Dadang Ente. [SANGALU/ Anto Yasin]

SANGALU, Pagimana – Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Kecamatan Pagimana menggelar rapat koordinasi bersama Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banggai, Jumat (11/6).

Pertemuan itu dihadiri Ketua PABDSI Kabupaten Banggai Roike Lambidju dan Wakil Ketua Murad Abdu Sama, serta Bendahara PABDSI Kabupaten Banggai Nurlin.

Selain itu, terdapat Ketua PABDSI Kecamatan Lobu Dadang Ente serta seluruh ketua dan anggota BPD di Kecamatan Pagimana.

Ketua Forum BPD Pagimana Farid P. Yasin menerangkan, rapat koordinasi bersama PABPDSI Kabupaten Banggai itu sangat penting untuk dilaksanakan.

Baca juga:  Pemda Tidak Pernah Berhutang ke PLN, Herwin: Ada Provokator

Ini dilakukan untuk lebih memantapkan tugas  dan tanggung jawab BPD sebagaimana dalam Permendagri Nomor 110/2016 dapat terlaksana dengan baik.

”Inilah yang perlu untuk kita BPD di kecamatan memahami bahwa pentingnya di lakukan koordinasi bersama PABPDSI Kabupaten Banggai,” tegas Farid.

Ketua PABPDSI Kabupaten Banggai Roike Lambidju menjelaskan, organisasi BPD seluruh Indonesia harus solid. Apalagi PABPDSI telah terbentuk sejak tahun 2020.

Awal pemebntukannya, dideklarasikan  di Provinsi Jawa Barat pada 20 November 2020 yang dihadiri langsung Menteri PDTT, DPR RI, dan DPD RI.

Baca juga:  120 Desa Cairkan DD Tahap I tapi Baru 14 Desa Salurkan BLT, Ada Apa? 

PABPDSI, ujar dia, saat ini sudah terbentuk di tingkat provinsi dan kabupaten. Kelahiran PABPDSI bukan semata untuk menjadi saingan atau lawan pemerintah desa, tetapi sebagai wadah belajar, saling berkomunikasi, koordinasi.

“PABPDSI telah melaksanakan rapat koordinasi bersama forum BPD. Harapannya kita BPD mesti saling mengingatkan dan menguatkan untuk perjuangan ke depan yang masih panjang,” jelasnya.

Karena itu, rapat koordinasi ini  selain silaturahmi dan tatap muka, juga membagi pengetahuan dan ilmu terkait tanggung jawab  sebagai BPD.

Baca juga:  Lapangan Futsal Tandalo Hils Diduga Salah Sasaran

“Untuk menjadi mitra yang baik dengan pemerintah desa. Hal ini agar lebih baik ke depan tentu dengan tanggung jawab masing-masing antara pemerintah desa dan BPD,” imbuh Roike.*

 

(anto)

No More Posts Available.

No more pages to load.