Bupati Buka Pordes Masama di Desa Simpangan

oleh -345 views
BUPATI BANGGAI Ir. H. Herwin Yatim MM didampingi Camat Masama Kamaluddin Djano disambut pengalungan bunga di Desa Simpangan, Kecamatan Masama, Sabtu (22/12/2018). [Foto: Sangalu/Alphian]

SANGALU, Masama – Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim MM, membuka langsung kegiatan Pekan Olah Raga Desa (Pordes) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Masama yang ke 15, dirangkaikan dengan HUT Desa Simpangan ke 100, 22 Desember 2018.

Dalam sambutannya, bupati mengapresiasi kinerja panitia pelaksana kegiatan Pordes Masama. Menurut bupati, sikap panitia dalam pembukaan kegiatan yang tidak menyampaikan jumlah anggaran dengan kesiapan yang cukup baik adalah sikap yang perlu diapresiasi.

Padahal, kata Bupati Herwin, kegiatan seperti itu jika dihadiri langsung oleh bupati biasanya dijadikan momen oleh panitia untuk menyampaikan kekurangan anggaran. Namun, itu tidak dilakukan panitia saat membacakan laporan kegiatan pada pembukaan acara yang dipusatkan di Sport Centre Korui Simpangan.

Baca juga:  Matangkan Persiapan Pengamanan Pilkada 2020. Polres Banggai Gelar TFG

“Selama jadi bupati saya membuka kegiatan- kegiatan seperti ini, baru di Desa Simpangan yang tidak diumumkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan kegiatan. Tapi tidak apa, saya sumbang sepuluh juta,” tuturnya disambut aplaus peserta dan tamu undangan.

Bupati mengharapkan kegiatan itu berjalan baik dan dapat menjadi wadah mempererat hubungan masyarakat antar desa yang ada di Kecamatan Masama. Ia juga berpesan agar para pemain mampu bermain sportif dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat.

Baca juga:  Golkar Target 'Rajai' Pesta Demokrasi di Banggai

Terpisah, Kades Simpangan, Ruslan Ukas mengatakan kegiatan itu dilaksanakan atas partisipasi swadaya masyarakat, sumbangan donatur dari forum kades dan pengusaha lokal.

“Perkiraan anggaran yang kami butuhkan itu sekira seratus dua puluh juta rupiah. Memang belum tercapai tapi kami optimis anggarannya cukup,” kata Ruslan.

Kegiatan memeriahkan HUT Masama ke 15 tahun itu membuka beberapa kategori lomba antara lain; sepak bola yang diikuti 22 tim, bola voly dengan 13 tim putra dan 10 tim putri, 14 tim sepak takraw,dan bola dangdut.

Baca juga:  Hindari Transmisi Lokal, SBSI Desak PT PAU 'Shutdown'

“Ada juga seni budaya seperti pop singer dan penampilan budaya masing-masing desa. Tapi untuk kebudayaan desa tidak dilombakan namun diwajibkan untuk dipentaskan,” terang Ruslan.

Adapula lomba menu yang diikuti oleh TP PKK setiap desa dan dinilai TP PKK kecamatan. Lomba menu tersebut berkategori lomba menu makan siang non beras.*

(phian)