Ralat Pernyataan, Kacabjari Bunta sebut Belum Penetapan Tersangka

oleh -232 views
Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Bunta, Filemon Ketaren SH. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Banggai di Bunta (Cabjari Bunta), mengkoreksi pernyataannya terkait telah adanya penetapan tersangka dalam kasus dugaan penyalahgunaan dana desa di Demangan Jaya, Bunta.

“Jadi tahapnya baru kita naikkan status dari penyelidikan ke penyidikan. Belum ada penetapan tersangka. Jadi inisial RP, belum resmi tersangka,” sebut Kacabjari Bunta, Filemon Ketaren SH.

Meski penetapan tersangka belum resmi dilakukan Kejaksaan, namun indikasi penyalahgunaan dana desa sebesar Rp 215 juta di Demangan Jaya, tak ditampik mengarah pada plt Kepala Desa tersebut.

Baca juga:  Curi Sepeda Motor, Polisi Amankan Dua Pemuda Masama

“Tadi ini kita baru lakukan ekspose bersama Inspektorat. Baru nilai kerugian yang didapatkan. Penetapan tersangka, masih akan kita dalami lagi sebelumnya,” tandas Filemon.

Diketahui, Cabang Kejaksaan Negeri Banggai di Bunta (Cabjari Bunta) resmi meningkatkan penyelidikan dugaan kasus penyalahgunaan dana desa di Desa Demangan Jaya Kecamatan Bunta, menjadi penyidikan.

Hal itu dibenarkan Kepala Cabjari Bunta Filemon Ketaren SH, Senin (7/6).

Disebutkannya, diduga kuat telah terjadi penyalahgunaan sejumlah anggaran dana desa pada tahun 2020 di Demangan Jaya. Dimana dari hasil perhitungan Jaksa bersama Inspektorat, mencapai Rp 215 juta.

“Kita sudah lakukan ekspose bersama inspektorat. Taksiran nilai kerugian mencapai 215 jutaan,” sambung Cabjari Bunta.

Baca juga:  Transaksi Narkoba, Pria asal Nuhon Dibekuk Polisi

Beberapa item anggaran yang diduga tidak direalisasikan ataupun yang disalahgunakan oleh tersangka RP di tahun 2020, diantaranya honor dan tunjangan perangkat desa serta guru PAUD, BLT Covid-19, pembangunan rumah layak huni, penyuluhan hukum bagi karang taruna.

Kemudian, pengadaan alat kesehatan, rehap air bersih desa, perayaan HUT Kemerdekaan RI, pengadaan alat keagamaan, bantuan ternak, hingga bantuan usaha kelompok perempuan.

“Saat ini kami masih melakukan ekspose lanjutan kasus ini. Nanti kami infokan seperti apa kelanjutannya,” tutup Filemon.*

Baca juga:  Wabup Hadiri Penyerahan Hewan Kurban di Kelurahan Bungin

 

(jy)

No More Posts Available.

No more pages to load.