Pemda Banggai Gagal Capai Target Pajak dan Retribusi Daerah tahun 2020

oleh -167 views
Rapat Komisi III DPRD Banggai bersama Dinas Pendapatan Kabupaten Banggai terkait pajak dan retribusi daerah tahun 2020, Rabu (26/2). [SANGALU/ Berita Banggai]

SANGALU, Luwuk – Pemerintah daerah Kabupaten Banggai tidak dapat merealisasikan target pendapatan pajak  dan retribusi daerah tahun 2020. Itu terungkap dalam evaluasi Komisi III DPRD Kabupaten Banggai, Rabu (24/2).

Parahnya, pencapaian pajak dan retribusi daerah tahun 2020 hanya berada di bawah 50 persen. Dalam rapat kerja antara Komisi III DPRD Kabupaten Banggai dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Banggai terungkap, bahwa realisasi pajak daerah hanya sebesar 48,04 persen atau senilai Rp54,7 miliar dari Rp105 miliar yang ditargetkan.

Sementara itu, untuk retribusi daerah juga hanya bisa terealisasi sebesar 43,70 persen atau hanya sebesar Rp14,7 miliar dari target yang ditetapkan sebesar Rp30,3 miliar, sebagaimana dilansir beritabanggaicom.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banggai, Damri Dayanun mengungkapkan banyak hal yang menjadi kendala teknis dalam pencapaian realisasi pajak daerah dan retribusi daerah. Diantaranya adalah hingga kini tidak adanya data base yang jelas tentang potensi pajak daerah dan retribusi daerah dari OPD teknis pengelolah retribusi daerah.

Baca juga:  BPN Bangkep Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Sementara untuk Pajak Daerah yang selama ini dikelolah langsung oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), juga mengalami kendala secara teknis. Diantaranya adalah daya dukung sarana prasarana yang belum memadai, dalam rangka maksimalisasi penerimaan sumber pendapatan asli daerah seperti Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Sebagai contoh, kantor permanen tidak ada. Padahal ini penting, karena dengan kantor permanen, maka sistem IT bisa dipasang secaara permanen juga. Karena sistem tehnologi informasi inilah yang bisa meminimalisir terjadinya kebocoran,” terangnya.*

Baca juga:  Hilang di Laut Moilong, Firman Ditemukan Tak Bernyawa

 

(bb)

No More Posts Available.

No more pages to load.