Injuri Time, WinStar Masih Torehkan Prestasi Terbaik ke II PPD 2021

oleh -211 views
Musrenbang Nasional yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, Selasa (4/5/2021). [SANGALU/ HO-Bappenas RI]

SANGALU, Luwuk – Jelang berakhir masa kepemimpinannya, Bupati Banggai Herwin Yatim bersama Wabup Mustar Labolo masih menorehkan prestasi atas penghargaan pembangunan daerah (PPD) tahun 2021 dari Kementerian PPN/ Bappenas RI.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021, dilakukan dalam acara pembukaan Mesrembangnas oleh Presiden RI, Selasa (4/5) di Jakarta. Dalam pengumuman itu, Kabupaten Banggai meraih predikat sebagai Kabupaten Terbaik Kedua se Indonesia.

PPD 2021 itu diberikan kepada Kabupaten Banggai berkat upaya dan sinergitas Pemerintah Daerah dalam perencanaan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakatnya di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga:  Tiga ABG di Luwuk Terlibat Prostitusi Online

Sejumlah inovasi dan program-program yang dilahirkan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, oleh tim penilai PPD 2021 dinilai telah berhasil mendukung dengan integrasi kuat perencanaan pembangunan Nasional.

Kepemimpinan Bupati Herwin Yatim juga telah berhasil mengendalikan angka kemiskinan dengan croos cutting, dengan 3 program terintegrasi. Yakni pencegahan dan penanggulangan stunting. Penanggulangan kemiskinan. Serta pengembangan pariwisata.

Program Pasar Tani Online yang diluncurkan Bupati Banggai saat gelombang Covid-19 yang lalu, menjadi apresiasi khusus tim penilai PPD 2021. Dimana program tersebut berhasil menjadi jalan keluar dalam memasarkan produk pertanian dalam era pandemi.

Baca juga:  Kedapatan Bersama Istri Orang, Kepala Bank di Luwuk Dipolisikan

Pengumuman penghargaan Kabupaten Terbaik Kedua PPD 2021 ini sekaligus pembukaan Musrembangnas 2022 ini, diikuti Bupati Banggai secara live streaming dari kantor Bupati.

Menteri PPN/Bappenas RI, selaku penanggungjawab pelaksanaan PPD 2021, dalam kesempatan itu mengatakan jika pembangunan Nasional bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sekalipun berhadapan dengan pandemi, pembangunan nasional harus tetap berjalan,” sebut Menteri Suharso Monoarfa.

Penghargaan Pembangunan Daerah atau PPD, ditambahkan Suharso Monoarfa, mempraktikkan evaluasi kreatif terhadap Provinsi, Kabupaten, dan Kota, yang dimaksudkan menumbuhkan motivasi dan penyebarluasan inspirasi membangun daerah dengan lebih berkualitas, melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan untuk pencapaian tujuan, dan inovasi menjawab permasalahan.

Baca juga:  SAPMA Banggai Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Balantak Selatan

“PPD 2021, diharapkan memunculkan daerah-daerah terbaik yang semakin banyak,” harap Menteri PPN/Bappenas RI.*

Berikut peraih PPD 2021 :
Tingkat Provinsi
Terbaik 1 : Provinsi Sumatera Barat
Terbaik 2 : Provinsi Jawa Barat
Terbaik 3 : Provinsi Bengkulu
Tingkat Kabupaten
Terbaik 1 : Kabupaten Bangka
Terbaik 2 : Kabupaten Banggai
Terbaik 3 : Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Tingkat Kota
Terbaik 1 : Kota Semarang
Terbaik 2 : Kota Padang
Terbaik 3 : Kota Surabaya
Penghargaan Khusus
Kota Pekanbaru (Inovasi pembiayaan alternatif)
Provinsi Bali (ekonomi hijau dan rendah karbon)

 

(jy)