Kadisnakertrans Ingatkan Perusahaan Bayar THR

oleh -238 views
Helena Padeatu

SANGALU, Luwuk—Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Helena Padeatu, meminta para pengusaha untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerja.

Desakan itu disampaikan mantan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Banggai ini, saat membuka talkshow aplikasi UU Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Turunannya pada Dunia Usaha dan Industri, Senin (3/5).

Helena memaparkan setiap perusahaan wajib membayar THR kepada para pekerja, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi pekerja/buruh di perusahaan, juga Surat Edaran Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Tengah, serta Surat Edaran Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai.

Baca juga:  Sambangi Desa Toima, Mace-mace Winstar Bagikan Sembako

Dinas Nakertrans Kabupatan Banggai, kata dia, sudah membentuk tim pengawas THR. Olehnya itu, pihaknya akan melaksanakan sidak, mengecek apakah perusahaan–perusahaan telah memenuhi pemberian THR bagi para pekerjanya.

Ia mengatakan, jika ada perusahaan yang tidak memenuhi kewajibannya, pihaknya akan memberikan sanksi berupa denda atau pencabutan izin usaha.

Helena juga memaparkan akan memberikan reward atau penghargaan, bagi perusahaan yang memenuhi kewajibannya; baik itu dalam hal membuat TKWT, membuat BPJS kesehatan, maupun melaporkan tenaga kerja lokal.

Baca juga:  Polres Banggai dan Kodim 1308/LB Salurkan Makanan Gratis Bagi Masarakat

“Sudah kami rencanakan, dan harapannya akan kami realisasikan ke depannya,” paparnya. *

(ldc)