Awal Mei, Seluruh Kecamatan Zona Hijau

oleh -150 views
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam. [SANGALU/ Haris]

SANGALU, Luwuk—Awal bulan Mei ditandai dengan menurunnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam perawatan.

Mengacu laporan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai  per tanggal  1 Mei 2021, warga terkonfirmasi positif Covid-19 dalam perawatan sebanyak 19 orang.

Rinciannya 2 orang dirawat di rumah sakit, dan 17 lainnya menjalani isolasi mandiri.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam, menyebutkan, saat ini akumulasi kasus terkonfirmasi positif sebanyak 1256 orang. Rinciannya  19 kasus lama (2 dirawat di RS dan 17 orang isolasi mandiri-red),  1195 orang sembuh, dan  42 orang meninggal.

Baca juga:  Perusahaan Kesulitan Keuangan Bayar THR, Ini Saran Joko Pranowo

Jika mengacu pada indikator pemetaan persebaran Covid-19, maka seluruh wilayah kecamatan di daerah ini telah masuk zona hijau.

Acuannya, meskipun secara keseluruhan ada 19 kasus yang tersebar di tujuh kecamatan, tetapi sebaran kasus positif per kecamatan di bawah 5 orang.

Hal ini terlihat dari sebaran kasus aktif per 1 Mei, yakni  3 kasus di Kecamatan Luwuk, 4 kasus di Kecamatan Luwuk Utara, 3 kasus di Kecamatan Luwuk Selatan, 3 kasus di Kecamatan Luwuk Timur,  3 kasus di Kecamatan Toili Barat, 2 kasus di Kecamatan  Bualemo, dan 1 di Kecamatan Bunta.

Sehari sebelumnya, Jubir Covid-19 melaporkan, adanya penambahan 2 kasus terkonfirmasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan TCM Rumah Sakit, masing-masing 1 kasus dari Kecamatan Luwuk Utara dan Kecamatan Luwuk Timur.

Baca juga:  Belum Selesaikan Sewa Alat Berat, CV Indo Mario Dinilai Tak Peduli Kondisi Ekonomi Pekerja

Keduanya tengah menjalani isolasi mandiri. Penambahan 2 kasus terkonfirmasi pada 30 April 2021 itu, dibarengi dengan penambahan pasien sembuh sebanyak 6 orang.

Rinciannya 2 dari Kecamatan Luwuk, 1 dari Kecamatan Lobu, 1 dari Kecamatan Pagimana, dan 2 dari Kecamatan Toili.

Sebelumnya pada kegiatan bertema “Peningkatan Kewaspadaan Transmisi Lokal Penyebaran Covid-19”, yang digelar PWI Banggai bersama JOB Tomori di Kantor PWI Banggai, Kamis (11/2/2021), Jubir Gugus Tugas Covid-19 Nurmasita Datu Adam, menjelaskan, pihaknya telah memetakan wilayah kecamatan berdasarkan zona persebaran Covid-19.

Baca juga:  Didik, ASN Terbaik versi KemenPAN RB Nonjob di Banggai?

Indikatornya, kata dia, wilayah kecamatan dengan kasus positif 0-5 orang masuk dalam wilayah zona hijau; 5-10 kasus masuk wilayah zona kuning; 10-20 kasus masuk zona oranye; dan wilayah kecamatan dengan kasus positif Covid-19 di atas 20 kasus masuk dalam kategori zona merah. *

(ldc)