Polisi Amankan Dua Truk Penimbun Gas Elpiji 3 Kilogram

oleh -1.351 views

SANGALU, Luwuk – Dua truk dengan muatan ratusan tabung gas 3 kilogram berhasil diamankan aparat kepolisian dari salah satu rumah warga di Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Kamis (29/4/2021) siang.

Setelah melakukan pengecekan, aparat kepolisian langsung menggiring dua kendaraan beserta ratusan tabung gas melon ke Mapolres Banggai.

Polisi juga mengamankan beberapa orang yang diduga terlibat dalam penimbunan gas bersubsidi itu. Mereka dibawa ke Polres Banggai untuk dimintai keterangan lanjut atas dugaan penimbunan gas.

Baca juga:  Dugaan Penyimpangan ADD di Binohu, Nuhon

Kasat Reskrim Polres Banggai Iptu Adi Herlambang mengungkapkan, pihaknya mendapatkan informasi masyarakat soal kelangkaan dan tingginya harga gas tiga kilogram.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi terkait dugaan penimbunan gas bersubsidi di Desa Biak.

Jika penyelidikan mengarah pada penimbunan, maka pelaku akan dijerat pasal 62 ayat 1 junto pasal 10 huruf a UU 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen junto, Perpres RI 71/2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting.

Baca juga:  Polsek Batui Ringankan Beban Masyarakat Dengan Senin Bersedekah

“Ancaman pidananya, 5 tahun penjara dan denda dua miliar rupiah,” kata Adi.

Saat ini kedua sopir truk bersama barang bukti lainnya masih di Polres Banggai. Adi menegaskan akan menelusuri jejak dugaan penimbunan gas bersubsidi di Kabupaten Banggai hingga tuntas.*

 

(*/nw)