Dinas PMD Sosialisasikan PPKM Sejumlah Desa di Bangkep

oleh -45 views
Kegiatan sosialisasi PPKM yang dilaksanakan Dinas PMD Kabupaten Banggai Kepulauan. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Bangkep – Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) lakukan kegiatan sosialisasi Program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di sejumlah desa di Bangkep.

Sesuai Instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 1 Tahun 2021 mengenai Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, anggaran yang disediakan untuk Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro, setiap desa sebesar 8 Persen.

Kepala Dinas PMD Rahmad Labou menyampaikan, agar pemenfaatan anggaran 8 persen untuk PPKM berskala mikro tersebut benar-benar dimanfaafkan sesuai peruntukkan dalam beberapa kegiatan seperti, Pembuatan Posko, penyemprotan cairan Disinfektan, Penyiapan dan operasional ruang isolasi, dan sebagainya.

Baca juga:  Tiga Warga Toili Hanyut, Satu Ditemukan Meninggal Dunia

“Dana delapan persen yang digunakan untuk PPKM harus digunakan sebaik mungkin, sekali lagi harus sebaik mungkin, agar sesuai peruntukkannya,” kata Rahmad

Dia juga menegaskan agar BPD lebih serius dalam melaksanakan fungsi pengawasan, dan harus senantiasa aktif dengan kepala desa selaku unsur penyelengara pemerintah desa. Sehingga tujuan PPKM dalam menekan angka penyebaran Covid-19, dapat tercapai.

Lanjut rahmad, Lewat kesempatan sosialisasi ini saya mengingatkan masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca juga:  Tingkatkan kerja SID, Dinas PMD Bangkep Mediasi Kerjasama Wartawan Lokal

“semoga tujuan PPKM benar-benar dapat disadari masyarakat, sebab program ini pastinya bertujuan sebagai langkah serius pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 di level desa,” harapnya.*

 

(Lan)