HMI Cabang Luwuk Banggai Sukses Gelar LK II dan LKK Tingkat Nasional

oleh -112 views

SANGALU, Luwuk – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Luwuk Banggai, sukses menggelar Intermediate Training atau Latihan Kader II dan Latihan Khusus Kohati (LKK) Tingkat Nasional, Selasa (2/2).

Kegiatan tingkat nasional tersebut merupakan salah program kerja yang telah lama diusung oleh pengurus HMI Cabang Luwuk Banggai, demi menjalankan roda organisasi untuk menciptakan kader-keder yang berkualitas, sesuai dengan tema yang diangkat pada pelakasanaan Intermediate Training kali ini, yakni “HMI Menuju Indonesia Adil dan Makmur.”

“Tujuan intermediate training yaitu terbinanya kader HMI yang memiliki kemampuan intelektual dalam memetakan peradaban dan memformulasikan gagasan dalam lingkup organisasi,” kata Valdi A. Tamok dalam laporannya sebagai ketua panitia.

Valdi juga menegaskan bahwa kegiatan intermediate terdebut juga tetap mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Baca juga:  HMI Koordinasi Gempa Masama terkait Tambang Nikel

“Kami dari panitia pelaksana menyiapkan masker, handsanitizer, termometer dan diwajibkan menjaga jarak,” terangnya.

Tak hanya itu, peserta yang berasal dari luar daerah juga diwajibkan memiliki surat keterangan hasil PCR sebelum masuk arena forum kegiatan. Itu dimaksudkan untuk  memutus mata rantai pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Luwuk Banggai, Hakim Zamaun, berucap bahwa HMI yang pada tanggal 5 Februari mendatang genap usianya 74 tahun, merupakan usia yang tidak muda lagi.

Usia itu, hanya selisih 2 tahun dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia.

Meski terbilang tak muda, HMI tetap mengabdi untuk masyarakat. Sebab misi HMI yang terus dirawat hingga saat ini adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca juga:  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sulteng Dinyatakan Sembuh

Adapun kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta dari 12 cabang yang telah ditetapkan oleh tim Stering Comite, semua peserta Latihan Kader-II berjumlah 25 orang delegasi dari 12 Cabang yang lulus menjadi peserta Inetermediate Trainning tingkat nasional.

“Selain menjalankan program kerja, kegiatan ini juga bertujuan untuk meransang pola fikir dan kesadaran kader HMI bahwasanya tidak hanya mencerdaskan diri sendiri namun bagaimana kita juga bisa bermanfaat untuk mencerdaskan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah Swt,” sambungnya.

Di sela-sela sambutannya, Ainun Nabila Lamusu sebagai Ketua KOHATI Cabang Luwuk Banggai menegaskan bahwa Korps HMI-Wati turut berperan aktif dalam proses menjaga marwah himpunan.

Baca juga:  Kemendagri Didesak Bersikap di Kasus Penggantian Pejabat

“Kami terus berupaya untuk mendidik perempuan-perempuan yang muslimah, berakhlak mulia guna merawat marwah himpunan ini,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, peserta LKK diikuti sebanyak 13 peserta dari 6 cabang, “sesuai keputusan tim Stering bahwa total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 13 peserta yang berasal dari 6 Cabang untuk mengikuti forum LKK tingkat nasional tersebut,” ucapnya.

Acara pembukaan dihadiri oleh Dandim 1308 LB (Perwakilan), DPC GMNI Kab. Banggai dan Pengurus HMI Badko Sulteng serta anggota HMI Cab. Luwuk-Banggai.

Dalam sambutan Dandim 1308 (perwakilan) terus mengingatkan pentingnya menjaga protokol kesehatan pandemi covid-19 yang akhir-akhir ini pasien reaktif terus bertambah,” tutupnya.*

 

(sb)