AT-FM Resmi Ditetapkan Bupati Wabup Banggai Terpilih

oleh -84 views

SANGALU, Luwuk – DPRD Banggai menetapkan secara sah paslon Bupati Wakil Bupati Banggai terpilih pada Pilkada 2020, Senin (22/2) pagi melalui sidang paripurna.

Sidang tersebut dipimpin Ketua DPRD Suprapto N, dan dihadiri seluruh anggota DPRD Banggai, Ketua KPU dan Bawaslu Banggai, pimpinan Forkopimda, Bupati dan Wakil Bupati Banggai, pimpinan Partai Politik, baik secara langsung ataupun melalui zoom meeting (virtual).

Dalam keputusannya, DPRD mengumumkan menetapkan paslon nomor urut 2 yakni Ir H Amirudin – Furqanudin Masulili, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banggai terpilih di Pilkada 2020, dengan perolehan 88.011 suara.

Baca juga:  Pilkada Damai, Kapolres Banggai Rutinkan Patroli ke Posko Pemenangan

Hal itu berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah DPRD Banggai sesuai ketentuan pasal 160 undang-undang nomor 8 tahun 2015 tentang perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur bupati dan wakil bupati menjadi undang-undang.

Yang menegaskan bahwa pengesahan pengangkatan Pasangan calon bupati dan wakil bupati serta pasangan walikota dan wakil walikota terpilih dilakukan berdasarkan Penetapan Pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten Kota yang disampaikan oleh DPRD kabupaten kota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

Baca juga:  Mulai 26 Oktober WinStar Cuti, Gubernur Longki: Pjs bupati Tunggu SK Mendagri

“Sesuai dengan perkembangan mekanisme penyelenggaraan pergantian kepemimpinan di daerah khususnya menyangkut pengangkatan bupati dan wakil bupati, maka pengumuman penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Banggai terpilih pada pemilihan serentak tahun 2020 setelah dilakukan rapat pleno KPU Kabupaten Banggai,” sebut Ketua DPRD Banggai.

Meminta apresiasi dan perhatian seluruh pihak secara khusus terhadap penyelenggaraan rapat paripurna itu, Ketua DPRD Banggai Suprapto mengatakan jika forum ini merupakan akhir dari proses panjang pesta demokrasi yang penuh dengan dinamika politik yang sangat melelahkan dan telah menguras tenaga, waktu, pikiran, materi, maupun perasaan.

“Bahkan tidak dapat dipungkiri menjadi perselisihan dan pertentangan. Namun berkat kedewasaan kita semua dalam berpolitik semuanya itu dapat diselesaikan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.*

Baca juga:  Kapolres Tinjau Pleno Terbuka KPU Banggai

(jy)