Komisi II DPRD Banggai Agendakan RDP soal Tambang Nikel Masama

oleh -36 views
Sukri Djalumang, legislator Banggai saat menerima pendemo masuknya tambang nikel, Rabu (6/1). [SANGALU/ Jaya]

SANGALU, Luwuk – Komisi II DPRD Kabupaten Banggai akan menggelar rapat dengar pendapatan (RDP) terkait dengan rencana investasi pertambangan nikel di Kecamatan Masama.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Banggai Sukri Djalumang menjelaskan, RDP dilakukan bersama para pihak terkait, yang berkompeten dengan rencana masuknya tambang nikel di wilayah Kecamatan Masama.

Pasalnya, terdapat penolakan masyarakat setempat terkait dengan rencana tersebut. Pada Rabu (6/1/2020) mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar aksi di DPRD Kabupaten Banggai, yang salah satu tuntutannya adalah menolak masuknya pertambangan nikel di wilayah Kabupaten Banggai.

Sukri yang saat itu menerima kedatangan mahasiswa yang menggelar aksi demo menegaskan sikapnya untuk menolak keberadaan pertambangan nikel di wilayah Kecamatan Masama. Kata dia, banyak tokoh masyarakat di Kecamatan Masama yang sudah menegaskan menolak rencana itu.

Baca juga:  Tiga ABG di Luwuk Terlibat Prostitusi Online

Hanya saja, dihadapan para mahasiswa itu, Sukri menegaskan, terkait dengan lembaga DPRD, maka semua harus melalui mekanisme yang ada di lembaga DPRD, yang harus dilakukan melalui rapat pembahasan bersama, dengan menghadirkan berbagai pihak.*

 

(gt)