DKPP Pulihkan Nama Baik 5 Anggota Bawaslu di Sulteng

oleh -138 views

SANGALU, Luwuk – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang kode etik penyelenggara Pemilu dengan agenda pembacaan sepuluh Putusan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu di Ruang Sidang DKPP, lantai 5, Jalan MH Thamrin No. 14, Jakarta Pusat pada Rabu (20/1).

Sidang ini menyertakan 5 anggota Bawaslu di Sulteng yang menjadi Teradu dalam perkara nomor : 144-PKE-DKPP/XI/2020, dengan aduan melakukan intervensi terhadap hasil Pleno Bawaslu Kabupaten Banggai, klarifikasi yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-Undangan, tindakan tidak cermat dan tidak profesional atas laporan Herwin Yatim (calon Bupati Banggai), serta dugaan upaya kriminalisasi Bawaslu Kabupaten Banggai.

Baca juga:  Hadiri Pelantikan Paslon Bupati Balut Terpilih, Basoka Solit Berangkat ke Palu

Oleh majelis DKPP, aduan para pengadu yakni Mashur Al Habsyi, Rusli, dan Randy Atma R. Massi selaku Pemantau Pemilihan Kepala Daerah, tidak terbukti.

Bahwa para teradu yakni masing-masing Jamrin, Sutarmin D. Hi Ahmad, Zatriawati dan Darmiati (Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah) serta Moh. Syaiful Saide (Anggota Bawaslu Kabupaten Banggai), dianggap telah menjalankan prosedur dalam proses penanganan permasalahan terkait salah satu paslon di Pilkada Banggai.

Olehnya, majelis DKPP mengeluarkan rehabilitasi atau pemulihan nama baik untuk kelima anggota Bawaslu di Sulteng dan menolak pengaduan dari Pengadu untuk seluruhnya.*

Baca juga:  Besok, Luwuk Dipastikan Membiru oleh Massa Kampanye Nasional NasDem

(jy)