Herwin ungkap Alasan Belum Ucapkan Selamat ke Paslon AT FM

oleh -2.322 views
Bupati Banggai Herwin Yatim saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan pengurus PWI Banggai, Sabtu (19/12). [SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Bupati Banggai Herwin Yatim akhirnya buka suara terkait sejumlah pertanyaan publik yang menyebutnya tak legawa menerima kekalahan sebagai petahana di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banggai tahun 2020.

Petahana yang masih solid didampingi wakil bupatinya Mustar Labolo ini mengaku Ia belum bisa mengucapkan selamat kepada paslon nomor urut 2 atas perolehan suara terbanyak dengan beberapa alasan.

Pertama, Herwin mengatakan belum bisa mengucapkan selamat karena masih ada ruang hukum yang memungkinkan dirinya untuk menggugat di Mahkamah Konstitusi (MK). Dimana dalam aturan terbaru ruang itu begitu terbuka baginya sebagai warga negara.

“Jadi bukan tidak mau terima kekalahan tapi masih ada ruang hukum yang memungkinkan untuk itu,” tegasnya, Sabtu (19/12).

Baca juga:  Jaksa Lirik Skandal Proyek IPAL Jayabakti

Ia mengatakan jika ada yang sesumbar telah menang dengan selisih suara yang cukup jauh, maka itu wajar dimaklumi. Namun, sebagaimana aturan baru MK, Ia juga memiliki hak untuk mengajukan gugatannya.

Gugatan itu juga menurutnya bisa menjadi pembelajaran politik kepada masyarakat. Dimana aturan memberi ruang untuk melakukan gugatan maka pihaknya tidak menyianyiakan peluang itu.

“Kita beri pembelajaran pada masyarakat bahwa ada ruang-ruang itu yang disediakan dalam aturan terbaru MK,” paparnya.

Kemudian, ucapan selamat menurutnya bukan hal yang begitu spesial dalam perhelatan pesta demokrasi. Terlebih, Ia juga punya pengalaman saat menang di tahun 2015 silam. Kala itu, paslon lainnya tidak ada yang mengucapkan selamat. Bahkan, ada yang menggugat ke MK.

Baca juga:  Puluhan Pengurus KNPI 'Satu Nafas' Disebut Siap Ikuti Jejak Amlin Usman

“Saya menghargai itu. Bahkan selama saya menjabat saya selalu menyurat atau mengunjungi mereka di waktu waktu tertentu. Sebab mereka adalah tokoh di daerah ini,” paparnya.

Oleh karena itu, Ia berharap masyarakat tidak bertanya-tanya terkait ucapan selamat ke paslon dengan suara terbanyak itu. Hanya saja, jika hasil akhir di MK sudah ada, barulah Ia menyatakan ke paslon pemenang.

Diketahui, hasil perhitungan suara Pilkada Kabupaten Banggai telah dilakukan, paslon nomor urut satu, Sulianti Murad – Zainal Abidin Alihamu (Hatimu) meraih 49.120 suara atau 24 persen, paslon petahana dengan nomor urut tiga, Herwin Yatim – Mustar Labolo (WinStar) meraih 64.294 suara atau 32 persen.

Baca juga:  Ketemu Zulkifli Hasan, Obama - Heppy Dapat Restu DPP PAN

Sementara paslon nomor urut dua, Amiruddin Tamoreka – Furqanuddin Masulili (AT FM) keluar sebagai pemenang dengan perolehan 88.219 suara atau 44 persen.

Meski selisih suara sekira 23 ribu, paslon petahana WinStar masih melakukan gugatan ke MK atas dugaan pelanggaran pemilu. Laporan terkait dugaan money politic juga telah dimasukkan ke Bawaslu Banggai.*

 

(van)