Survei LSI, Hanya Mobilisasi Massa yang Bisa Hentikan WinStar Dua Periode

oleh -717 views

SANGALU, Luwuk – Hasil analisis Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menempatkan pasangan calon (paslon) petahana, Herwin Yatim – Mustar Labolo sebagai paslon dengan peluang tertinggi. Paslon dengan tagline WinStar itu diprediksi mendapatkan 45,1 persen suara di Pilkada Banggai tahun 2020.

Sementara, dua paslon lainnya yakni Amiruddin Tamoreka – Furqanuddin Masulili (AT-FM) meraih 22,6 persen, disusul paslon Sulianti Murad – Zaenal Abidin (Hatimu) dengan 11,1 persen. Sisanya 21,2 persen belum menentukan sikap politiknya ke paslon tertentu.

Meski merilis peluang besar petahana kembali memimpin, namun hasil survei LSI itu masih berpeluang berubah sebagaimana disampaikan Fajar, peneliti LSI Denny JA saat konferensi pers di Swissbelin Hotel, Kamis (26/11/2020).

Baca juga:  Konsolidasi, Batia Instruksikan Kader NasDem Wajib Menangkan AT-FM

Ia menjelaskan peluang paslon WinStar sangat kuat untuk kembali memimpin tambuk pemerintah Kabupaten Banggai.

Meski begitu, halangan yang patut diwaspadai ialah mobilisasi massa dari kompetitor. Baik itu berupa money politik dan penggiringan isu SARA atas blunder petahana.

“Dari berbagai segmen baik elektabilitas, gender, wong cilik hingga mayoritas muslim paslon WinStar masih unggul dari paslon lainnya. Hanya mobilisasi massa yang berpeluang mengubah hasil itu,” paparnya.

Walau begitu, Fajar meyakini jika terjadi perubahan angka presentase maka hal itu tidak akan lari jauh dari data yang ada. LSI, kata Fajar, memprediksi penurunan paling banyak sekira 4,8 persen sebagaimana margin error yang ditetapkan.*