Puluhan Miliar APBD Bangkep Diduga Raib, Kepala BKAD Menghilang

oleh -873 views
Ilustrasi korupsi

SANGALU, Bangkep – Puluhan miliar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) diduga raib dari rekening kas daerah. Polisi dan Jaksa pun berlomba mengungkap fakta di balik kasus itu.

Dikutip dari laman bangkeppos, Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Sub Tipikor) Polda Sulawesi Tengah telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat sebagai saksi. Bahkan, dugaan raibnya puluhan miliar APBD Bangkep itu semakin menonjol dengan menghilangnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Ahmad Thamrin.

Terlebih lagi, rumah jabatan si pejabat pun telah disegel Satuan Polisi Pamong Praja atas perintah Bupati Bangkep, Rais Adam. Kasat Reskrim Bangkep, Iptu Ismail SH menjelaskan kasus tersebut saat ini baru sebatas penyelidikan oleh tim tipikor Polda Sulteng.

Baca juga:  Balap Liar, Enam Pemuda Toili Diamankan Polisi

Meski begitu, sejumlah pejabat teras dari bumi Trikora satu persatu dimintai keterangan, tak terkecuali Sekretaris Daerah, Rusly Moidady. Iptu Ismail menjelaskan pemeriksaan akan kembali dilakukan tim tipikor Polda Sulteng pada Rabu mendatang. Sebab, masih banyak saksi yang belum terperiksa atas dugaan raibnya miliaran APBD Bangkep.

Penyelidikan raibnya dana APBD juga disebut-sebut tidak hanya menyorot ke pejabat eksekutif, namun juga mengarah ke pejabat legislatif Bangkep. “Iya benar, tapi statusnya saat ini masih lid (lidik, red),” terang Iptu Ismail, Kamis (19/11/2020).

Baca juga:  KPU Tetapkan Satu TPS di Kelurahan Luwuk PSU

Beberapa pertanyaan terkait dugaan bobolnya APBD Bangkep itu enggan dijawab pria yang akrab disapa Bobby ini. Ia menyatakan belum bisa memberi keterangan lebih, karena statusnya masih penyelidikan. Namun, Ia memastikan bahwa penyidik Tipikor Polda Sulteng dan Polres Bangkep menyeriusi hal itu.

Selain tim Tipikor Polda Sulteng, kabar lainnya juga menyebut bahwa penyidik Kejaksaan Negeri Banggai Laut (Balut) juga menyorot persoalan bobolnya APBD Bangkep. Bahkan, sejumlah saksi juga telah dimintai keterangan oleh penyidik Seksi Intelijen Kejari Balut.

Sayang, Kasi Intel Kejari Balut, Achmad Bhirawa Bissawab SH enggan menanggapi pertanyaan awak media. Pesan WhatsApp yang dikirim hanya dibaca dan tidak berbalas. Kabar terakhir mengatakan bahwa Bhirawa tengah melaksanakan tugas ke luar daerah.*

Baca juga:  Promosikan Potensi Wisata Daerah Lewat Merpati Balap

(van)