Waspada! Positif Covid di Banggai Melonjak jadi 84 Orang

oleh -801 views
Ilustrasi [klikdokter]

SANGALU, Luwuk – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Banggai terus melonjak pasca penetapan new normal. 11 orang diantaranya adalah tenaga kesehatan (Nakes).

Berdasarkan rilis Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai, penambahan terkonfirmasi positif naik drastis di bulan Oktober 2020. Dari bulan sebelumnya total kumulatif 50 orang, kini naik jadi 84 orang.

“Hari ini ketambahan 16 pasien lagi,” kata Humas Gugus Tugas Covid-19, Nurmasita Datu Adam via pesan singkat WhatsApp, Jumat (16/10) siang.

Baca juga:  Kapolres Banggai Cek Gudang Logistik KPU

Jumlah 16 orang terkonfirmasi positif (baru) tersebut menambah jumlah sebelumnya sebanyak 12 orang yang tengah menjalani isolasi mandiri. Dari jumlah keseluruhan 84 orang terkonfirmasi positif Covid-19, 28 diantaranya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Rata-rata positif baru hasil tracking kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya,” terang Nurmasita.

Sebanyak 28 orang pasien terkonfirmasi itu berasal dari 6 kecamatan di Kabupaten Banggai. Dengan sebaran, 19 orang dari Kecamatan Luwuk, 3 dari Kecamatan Luwuk Selatan, 2 orang dari Kecamatan Luwuk Utara, 1 dari Kecamatan Masama, 1 dari Kecamatan Nambo dan 2 dari Kecamatan Batui.

Baca juga:  Legislator Bangkep Kritik Kinerja Jubir Gugus Tugas COVID-19

“Malam ini, kami dapat informasi ketambahan lagi terkonfirmasi positif (Covid-19) 18 orang. Tapi besok baru kami sampaikan rilis resminya,” ungkap Nurmasita lagi.

18 orang terkonfirmasi positif (terbaru) hasil pemeriksaan Swab yang diterima Gugus Tugas Covid-19 (16/10, malam) menambah jumlah positif dalam perawatan dari 28 menjadi 46 orang.

Dengan begitu, rincian kumulatif terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 84 orang; 46 orang dalam perawatan, 36 sembuh dan dua meninggal dunia.

Informasi lainnya menyebutkan bahwa dari total 46 orang terkonfirmasi positif Covid-19, sebelas orang diantaranya adalah tenaga kesehatan. Seorang dokter umum di RSUD Luwuk, 8 orang tenaga kesehatan RSUD Luwuk dan 2 orang tenaga kesehatan dari Puskesmas.*

Baca juga:  Bupati Banggai Tinjau Posko Pemeriksaan Kesehatan di Perbatasan Morowali Utara

(van)