Nurmasita: Biaya Rapid Test Rp150 Ribu

oleh -82 views
[Malang Times]

SANGALU, Luwuk – Biaya rapid test di Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah dipastikan telah sesuai dengan Surta Edaran Kementrian Kesehatan RI dengan harga Rp150 ribu.

Itu disampaikan oleh Humas Tim Gugus Tugas Kabupaten Banggai Nurmasita Datu Adam saat dikonfirmasi jurnalis Sangalu.com pada Rabu (14/10/2020). yang mana klinik swasta yang melakukan rapid test telah diberikan surat edaran Kemenkes dan telah membangun komitmen untuk menerapkan standar harga tersebut.

“Kita di Kabupaten Banggai harga rapid test hanya Rp150 ribu,” ujar Nurmasita.

Baca juga:  BMKG Warning Nelayan Banggai Waspada Cuaca Ekstrem

Dengan adanya ketentuan harga dari Kemenkes, pihaknya meminta agar media massa untuk mengawasi serta mempublikasikan jika terdapat klinik yang mematok harga rapid test lebih dari harga yang telah ditetapkan.

“Kalau memang benar adanya, maka akan di berikan teguran sampai pencabutan rekomendasi pemeriksaan rapid tes” tegasnya lagi.

Wanita yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai ini menambahkan bahwa sejak awal pandemi covid-19 Pemerintah Kabupaten Banggai telah menggratiskan rapid test.

Baca juga:  Kadinkes: Benar Banggai Zona Merah, tapi Pernyataan Bupati tidak Salah

” Sekira 20.000 rapid test yang disediakan dari pemerintah Kabupaten Banggai dan bantuan pemerintah provinsi,” tambahnya.

Dengan kuota tersebut, Tim Gugus Tugas mengratiskan bagi para mahasiswa serta pelaku perjalanan serta diseluruh puskesmas selama pandemi Covid di wilayah Babasal ini.

Saat ini pihaknya bersama Rumah Zakat telah bekerjasama untuk menyalurkan rapid test gratis hanya untuk kepentingan screening covid-19 di Kabupaten Banggai.*

(aum)