Duh! Kasus Positif Covid-19 Banggai Naik jadi 50 Orang

oleh -1.529 views
Grafik perkembangan kasus Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah, per 7 Oktober 2020.

SANGALU, Luwuk – Perkembangan kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Banggai kian mengkhawatirkan.

Itu setelah Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Banggai merilis jumlah kumulatif terkonfirmasi positif Banggai sudah mencapai 50 orang, Rabu (7/10).

Humas Gugus Tugas Covid-19 Banggai, Nurmasita Datu Adam mengungkapkan dari jumlah kumulatif 50 orang terkonfirmasi positif itu, 36 diantaranya telah dinyatakan sembuh, 12 dalam perawatan dan dua meninggal dunia.

“Untuk yang meninggal dunia itu, satu orang kasus lama dan satu orang kasus baru dari Kecamatan Luwuk yang meninggal tanggal 29 September 2020,” ungkapnya, sore tadi via pesan singkat WhatsApp.

Sementara itu, untuk 12 orang yang dalam perawatan, kata Nurmasita, terdiri dari 9 orang isolasi mandiri di rumah masing-masing dan 3 orang dalam perawatan intensif di ruang khusus Covid-19 Badan Rumah Sakit Umum Daerah (BRSUD) Luwuk.

Baca juga:  Kapolda Sulteng: Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

“Kondisi pasien dalam perawatan baik, tidak ada yang masuk ruangan gawat darurat (ICU),” jelasnya menjawab pertanyaan awak media.

Mereka yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab berasal dari 4 kecamatan yakni, 8 dari Kecamatan Luwuk, 2 dari Luwuk Selatan, satu dari Luwuk Utara dan satu dari Kecamatan Masama.

Selain kasus terkonfirmasi positif, Gugus Tugas juga mencatat terdapat setidaknya 53 orang berpotensi terpapar Covid-19. Itu didasari atas catatan 15 orang dengan status suspek dan 38 orang dengan status discarded.*

Baca juga:  Rendi Hidayat : Rindu Terhalang Corona

 

(aum)