Dua Tenaga Medis di RSUD Luwuk Positif Covid-19

oleh -7.009 views
RSUD Luwuk (ist)

SANGALU, Luwuk – Kabar mengejutkan kembali diterima terkait penambahan kasus Covid-19 di kabupaten Banggai. Sekretaris Satgas Covid-19 kabupaten Banggai, Dr Anang Otoluwa yang juga kepala Dinas Kesehatan Banggai, mengungkapkan jika terjadi penambahan 6 kasus baru konfirmasi positif. Dua orang diantaranya merupakan tenaga medis di RSUD Luwuk.

“Terjadi penambahan 6 kasus (konfirmasi positif). Dan benar (dua diantaranya adalah tenaga medis di RSUD Luwuk),” kata Dr Anang dihubungi via WhatsApp, Kamis (1/10).

Kendati demikian, satgas Covid-19 kabupaten Banggai belum merincikan secara jelas identitas ataupun riwayat perjalanan ke enam pasien konfirmasi positif yang baru tersebut. Diduga, ke enam kasus baru ini, merupakan transmisi lokal dalam daerah yang selama ini menjadi kekhawatiran publik.

Baca juga:  Pastikan Kader NasDem Bergerak, Batia Konsolidasi ke DPC Nambo

Yang kemudian dijelaskan lagi Dr Anang Otoluwa, meski telah ada dua tenaga medis di RSUD Luwuk yang terkonfirmasi positif Covid-19, layanan kesehatan di rumah sakit itu akan tetap diadakan.

“Pelayanan tetap ada. Tentang teknisnya, bisa ditanyakan ke Direktur (RSUD Luwuk),” tambahnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Luwuk Dr Yusran Kasim yang kemudian juga membenarkan adanya dua tenaga medisnya yang terkonfirmasi positif Covid-19, menjelaskan jika pelayanan kesehatan di rumah sakit untuk masyarakat masih akan berjalan seperti biasa.

Baca juga:  Dukung Penundaan Pilkada, Heppy: Keselamatan Rakyat di Atas Segalanya

Hanya saja, pelayanan kesehatan akan dilakukan dengan lebih memperhatikan protokoler kesehatan, guna mencegah penularan dalam lingkungan rumah sakit.

“Pelayanan tetap jalan. Tempat pelayanan dilakukan desinfektan hari ini,” pungkasnya.

Diketahui pula, dengan penambahan 6 kasus baru positif Covid-19 ini, jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di kabupaten Banggai saat ini telah mencapai angka 43 kasus. Dimana sehari sebelumnya menurut sekretaris satgas Covid-19 Banggai Dr Anang Otoluwa, sebanyak 37 kasus.*

(jy)