Dilalap si Jago Merah, Rumah Warga Sinorang Rata Tanah

oleh -96 views
Sisa puing-puing rumah Tio setelah terbakar. [SANGALU/IST]

SANGALU, Luwuk – Tio (47) yang merupakan warga Kampung Baru Desa Sinorang Kecamatan Batui Selatan hanya bisa mengelus dadanya ketika melihat rumahnya hangus rata tanah karena dilalap si jago merah, Senin (19/10/2020 sekitar pukul 13.00 Wita.

Tio yang sejak pukul 07.00 Wita meninggalkan rumah dan pergi bersama warga setempat untuk memperbaiki sulingan nilam tidak sadar kalau rumahnya telah hangus terbakar. Kabar buruk itu sampai ditelinga Tio sekitar pukul 14.00 Wita. Hanya sayangnya, rumah yang awalnya kokoh beridiri itu hanya meninggalkan abu dan arang serta dua rumah kiri dan kanan juga sebagian ikut terbakar.

Baca juga:  Dua Kapal Terbakar di Pelabuhan ASDP Luwuk, Salah Satunya Kapal Basarnas

“Saat kebakaran saya berada di kebun. Saat diberi tahu saya langsung pulang tapi rumah sudah hangus terbakar,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa seluruh barang yang ada didalam rumah miliknya ikut terbakar tanpa tersisa, baik dokumen identitas diri, perabotan rumah tangga, emas dan peralatan dapur. Adapun rumah yang dimilikinya itu berbahan kayu berukudan 6 meter x 8 meter dan ditambah dapur ukuran 2 meter x 3 meter.

Menurut informasi dari saksi, api berasal dari rumah Tio, hanya pada saat itu sekira pukul 13.00 Wita Tio beserta tetangganya tidak sedang berada dirumah. Berselang sekitar 20 menit kemudian, warga kampung sebelah yang mengetahui kejadian itu datang dan membongkar dinding rumah disebelah kiri kanan rumah yang terbakar untuk mengantisipasi agar yang berada disamping rumah tersebut tidak ikut terbakar.

Baca juga:  Atraksi Pasukan Khusus TNI AL di Hari Nusantara 2018

Mengetahui kabar tersebut, Kapolsek Iptu IK Yoga Widata SH langsung memerintahkan Kanit Intelkan, piket Reskrim dan anggota lainnya untuk turun ke TKP.

” Sekitar jam 16.50 wita, anggota tiba di TKP dengan situasi rumah sdh rata dngan tanah,” ujar Kapolsek Batui.

Adapun hasil temuan pengolahan di TKP, rumah yang terbakar telah dibersihkan oleh korban (Tio) dan adanya dua unit rumah yang ikut terbakar namun hnaya sebagian saja. Sebab, api yang sempat menjalar telah dipadamkan oleh warga dengan cara membongkar dinding rumah tersebut.

Baca juga:  Sempat Melarikan Diri, Pelaku Ilegal Fishing Berhasil Dilumpuhkan

Adapun penyebab kebakaran diduga akibat dari korsleting listrik dari kabel cantolan yang berada dirumah Tio. Dalam peristiwa tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian ditafsirkan mencapai Rp10 juta.

(aum)