Bank Sampah KT Dandelion, Inovasi Kebersihan yang Bernilai Ekonomis

oleh -41 views
Bank Sampah Karang Taruna Dandelion yang terletak di Desa Tirtasari, Kecamatan Toili. [SANGALU/IST]

SANGALU, Toili – Tidak ingin berdiam diri, Karang Taruna Dandelion Desa Tirtasari Kecamatan Toili miliki inovasi dalam menciptakan kebersihan yang bernilai ekonomis.

Tidak hanya sebatas ide, saat ini Karang Taruna Dandelion telah membuka Bank Sampah pada Selasa (6/10/2020) di Tirtasari dengan menyasar seluruh desa di Kecamatan Toili.

Ketua Karang Taruna Dandelion, Anang Sulistyo Mengatakan dengan mengumpulkan sampah dapat menjaga kebersihan dan memiliki nilai ekonomis yang luar biasa jika diawali dengan kemauan yang tinggi serta cinta terhadap lingkungan.

Baca juga:  Kejang-kejang, Security Pertamina EP Mendadak Meninggal di Pos Penjagaan CPP Donggi

“Niat mengumpulkan sampah kan bisa menjaga lingkungan tetap bersih dari sampah, selain itu sampah juga bisa di tabung dan menghasilkan uang”, Kata Anang saat di hubungi media, Rabu (7/10/2020).

Anang Juga Melanjutkan terkadang masyarakat merasa malu dan minder jika ketemu sampah di jalan, padahal selain tindakan mulia untuk mengumpulkan, hal tersebut memiliki nilai ekonomis.

“Biasanya orang-orang itu minder. Lihat botol satu buah di jalan nggak mau ngambil, padahal jika kita kumpulkan dan di tabung di bank sampah, dari sedikit jadi banyak”, Lanjutnya.

Baca juga:  Cipayung Plus Banggai Gotong Royong Bangun Desa

Dengan kehadiran Bank Sampah Dandelion diharapkan dapat menjadi penggerak serta memberikan peluang untuk masyarakat mengumpulkan sampah baik masyarakat Tirtasari dan masyarakat Kecamatan Toili.*

 

 

(Aum)