WinStar TMS, KPU Tetapkan Dua Paslon di Pilkada Banggai

oleh -2.027 views
Pasangan Winstar [SANGALU/IST]

SANGALU, Luwuk – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai menetapkan pasangan calon (Paslon) Herwin Yatim – Mustar Labolo tidak memenuhi syarat (TMS) melanjutkan pada Pilkada serentak tahun 2020.

Dari tiga paslon yang mendaftar pasangan petahana dengan tagline WinStar itu gagal karena rekomendasi Bawaslu atas pelanggaran pelantikan pejabat 6 bulan sebelum penetapan.

Sementara, kedua paslon lainnya yakni Ir. H. Amirudin Tamoreka – Furqanudin Masulili (AT-FM) dan Hj. Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU) dinyatakan memenuhi syarat dan berhak melanjutkan tahapan pemilihan sebagai kepala daerah.

Baca juga:  Dewi Ratna Pettalolo Apresiasi Langkah Bawaslu Banggai

TMS tersebut didasari dengan Keputusan KPU Kabupaten Banggai dengan Nomor 50/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Bakal Pasangan Calon Petahana dengan status tidak memenuhi syarat sebagai peserta pada emilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, yang disahkan oleh Ketua KPU Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow, 23 September 2020.

Berdasarkan surat yang memutuskan bahwa WinStar tidak memenuhi syarat atau TMS, secara otomatis pada Pilkada Kabupaten Banggai hanya di ikuti oleh AT-FM dan pasangan HATIMU untuk berkompetisi merebut kursi orang nomor satu di tanah Babasal ini.

Baca juga:  Relawan AT-FM dan Pemuda Lamo Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Lamo

“Keputusan itu benar,” kata Alwin Palalo, Komisioner KPU Banggai Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDam dan Partisipasi Masyarakat.

Meski begitu, kata Alwin, petahana masih memiliki peluang untuk menggugat putusan itu melalui jalur PT TUN hingga ke MA.

“Bisa ke PT TUN hingga MA,” singkatnya, Rabu (23/9).

Informasinya, jika dalam gugatan PT TUN paslon WinStar berhasil menang, maka keduanya akan kembali ditetapkan sebagai paslon yang layak bertarung di Pilkada Serentak tahun 2020.

Baca juga:  Bertemu Ketum PBNU, Ini Pembahasan Bersama Amirudin Tamoreka

Hanya saja, saat ini keputusan KPU berdasarkan berbagai pertimbangan dan rekomendasi Bawaslu Banggai, paslon petahana dinyatakan TMS.*

 

(aum)