Usman Suni Pimpin Perbakin Banggai periode 2020-2025

oleh -286 views
Usman Suni saat memberikan sambutan usai terpilih sebagai Ketua Umum Perbakin Banggai pada Muskab, Rabu (2/9). [SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Usman Suni terpilih sebagai Ketua Umum Perbakin Banggai dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) pertama yang dilaksanakan Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Banggai, Rabu, 2 September 2020.

Usman Suni terpilih setelah salah satu kandidat menyatakan mundur dari pencalonan karena merasa dirinya kekurangan satu syarat sebagaimana diatur dalam AD/ART Perbakin, yakni pernah menjabat minimal Kepala Bidang dalam struktur kepengurusan periode sebelumnya.

“Sebagai salah satu kandidat saya menyatakan mundur karena saya belum pernah menjabat kabid sebagaimana aturan yang tertuang dalam AD/ART,” kata Rensly Saadjad dalam Muskab, kemarin di Aula Dinas Perkebunan dan Holtikultura Banggai.

Baca juga:  Buka Rembuk Stunting 2020, Bupati Paparkan Kiat-kiat Pencegahan

Berdasarkan hasil itu, Usman Suni menjadi calon tunggal dan disepakati bersama sebagai Ketua Umum Perbakin Banggai periode 2020 – 2025.

Diketahui, Usman Suni sebelumnya menjabat sebagai Ketua Harian Perbakin Banggai.

Sebagaimana instruksi kepengurusan sebelumnya, struktur Ketua Umum di Provinsi Sulawesi Tengah dijabat oleh kapolda, sementara di kabupaten dijabat oleh kapolres.

Kondisi itu membuat organisasi tidak berjalan normal, karena banyaknya kegiatan ketua umum dalam pekerjaan utamanya.

Tak hanya itu, untuk Kabupaten Banggai sendiri, dalam periode sebelumnya telah terjadi 5 kali pergantian kapolres. Itu tentunya berpengaruh pada roda organisasi.

Baca juga:  Manfaatkan Kebakaran, 37 Warga Binaan Kabur Dari Lapas di Sigi

Semenjak itu, disepakati bahwa ketua umum harus dijabat oleh mereka yang tetap berada di wilayah.

Sehingga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) termasuk kapolres masuk dalam struktur sebagai pelindung organisasi.

Usman Suni dalam sambutannya usai kegiatan menyatakan akan memaksimalkan roda organisasi yang sempat tidak berjalan normal di periode sebelumnya.

Pengurus dan Anggota Perbakin Banggai makin solid usai pelaksanaan Muskab, Rabu (2/9). [SANGALU/ La Omy]
Ia juga menyambut baik pernyataan Ketua KONI Banggai, H. Muntasar, bahwa Perbakin Banggai harus ambil bagian dalam setiap kompetisi untuk membawa nama baik daerah.

Baca juga:  Simalakama SK Pelantikan 4 Pejabat, Petahana Susah Hindari UU 10/2016

“Saya harap semua anggota dan pengurus dapat mendukung program kerja organisasi kedepan, sehingga kita bisa ikut berkompetisi,” paparnya.

Saat ini, Usman Suni tengah merampungkan struktur pengurus Perbakin Banggai periode 2020 – 2025. Sebab dalam muskab hanya dilakukan untuk pemilihan ketua umum, mengenai struktur dilakukan setelah muskab.*

(van)