Ribuan UMKM Banggai Dapat Bantuan Langsung Modal Usaha

oleh -145 views
Kegiatan penyerahan bantuan secara khusus ditempatkan di Gedung Graha Pemda, Kecamatan Luwuk, Sabtu (19/09/2020) siang. [SANGALU/IST]

SANGALU, Luwuk– Para pelaku usaha mikro di Kabupaten Banggai cukup gembira. Pasalnya, lebih dari ribuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapat bantuan langsung sebesar 2,4 juta dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM Banggai. Kegiatan penyerahan bantuan tersebut, secara khusus ditempatkan di Gedung Graha Pemda, Kecamatan Luwuk, Sabtu (19/09/2020) siang.

Para peserta yang hadir terdiri dari ibu-ibu pedagang Kuliner, Kios/warung. Dan turut bersama Bupati Banggai yang diwakili oleh H. Mustar Labolo, Kepala OPD, Kepala Cabang Bank BRI Luwuk dan Jajaran Dinas Koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Banggai Ernaeni Mustatim Mengatakan, kita patut bersyukur bantuan yang diserahkan dari Pemerintah yang sepenuhnya diberikan kepada pelaku usaha yakni; bantuan modal usaha produktif untuk mengembangkan usaha untuk Bapak dan Ibu sekalian agar dapat maju.

Baca juga:  Enam Warga yang Hilang di Kecamatan Nambo Ditemukan Selamat

“Kami dari DinKop dan UKM sudah melakukan upaya untuk mengcover semua para pelaku usaha kecil. Saya ingin melaporkan bahwa, yang kami usulkan dalam program bantuan usaha yang bersumber dari Kementerian sebanyak seribu sembilan ratus empat puluh lima (1945),”tutur KadisKop.

Ernaeni menambahkan, dari 1945 kami juga melakukan data verifikasi kembali, dan ternyata yang bisa diusulkan sesuai data yang real, hanya tinggal 1875 atau berkurang sekitar 70 orang.

“Kiranya bantuan tersebut agar bisa dipahami, karena data yang akan terverifikasi berdasarkan Nama KTP dan NIK, Jenis Usaha, Alamat Lengkap dan Nomor HP,”tegasnya kepada forum UMKM, dan yang perlu diketahui bersama yakni, dari bantuan ini atau disebut dengan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dikhususkan para pelaku usaha diseluruh daerah di indonesia.

Baca juga:  Sasar Kelompok Marjinal, Bawaslu Sosialisasi di Estrella Hotel

Bupati Banggai yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo, mengajak para pelaku usaha mikro setelah dapat bantuan tersebut agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk meneruskan usaha. Karena tidak gampang untuk memperoleh bantuan usaha 2,4 juta.

“Pada kesempatan ini Kepala Cabang BRI Luwuk telah hadir, mudah-mudahan untuk mencairkan dana tersebut bisa langsung dari ATM yang telah disediakan oleh pihak Bank,”ucapnya.

Diakhir acara Wakil Bupati Banggai yang didampingi oleh Kadis dan Kepala Cabang BRI memberikan bantuan secara simbolis kepada para pelaku usaha.*

Baca juga:  Ritual Tumpe, Tradisi Kerajaan Banggai Perekat Tiga Kabupaten di Sulteng

 

(aum/rls)