Ratusan Bikers Ramaikan Fun Bike ‘Gowes Sehat’ di Luwuk

oleh -411 views
Peserta gowes bareng JOB Tomori Sulawesi sesaat setelah dilepas Ketua KONI Banggai di Teluk Lalong, Minggu (13/9). [SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Awan kelabu menyelimuti langit kota Luwuk saat ratusan bikers ‘Fun Bike Gowes Sehat bareng JOB Tomori dan Forkopimda’ berdatangan di Teluk Lalong, Minggu (13/9) pagi.

Mendung tak berarti hujan. Sepenggal lirik lagu yang dipopulerkan almarhum Deddy Dores itu seakan pas mengambarkan cuaca pada kegiatan yang diikuti 900an bikers tersebut.

Beragam jenis sepeda menyatu dalam barisan peserta gowes. Mulai dari sepeda ontel hingga sepeda masa kini dengan beragam jenis dan harganya.

“Tetap dua baris ya.. Ingat saat gowes maskernya dilepas agar tidak kesulitan bernafas,” kata Bayu, salah satu host saat itu.

“Ingat juga, sampahnya jangan buang sembarang, apalagi buang ke laut. Langsung buang ke tempat sampah. Yang dibuang ke laut itu, mantan dan kenangan,” sambung Enda, juga host fun bike Gowes Bareng JOB Tomori.

Baca juga:  Usman Suni Pimpin Perbakin Banggai periode 2020-2025

Melihat antusias masyarakat yang berpartisipasi, Bupati Banggai Herwin Yatim didampingi Wabup Mustar Labolo sangat mengapresiasi kegiatan gowes. Menurutnya, gowes bisa menjadi salah satu olahraga yang dapat meningkatkan stamina di masa pandemi.

“Terima kasih kepada JOB Tomori karena sudah mensponsori kegiatan yang sangat baik ini,” ungkapnya.

Bupati Herwin kemudian berpesan agar seluruh peserta gowes yang ada agar tetap menjaga kebersihan lingkungan. Ia menyerukan agar seluruh masyarakat dapat menerapkan hidup sehat, salah satunya dengan pinasa (pia na sampah, ala) yang artinya; lihat sampah, ambil.

Sementara itu, Ketua KONI Banggai H. Muntasar dalam sambutannya juga mengapresiasi kegiatan yang didukung penuh oleh JOB Tomori Sulawesi itu. Ia berharap kegiatan gowes bisa berlanjut ke depan sebagai sarana olahraga masyarakat.

Baca juga:  Pernah ke wilayah Terpapar COVID-19? Kamu Masuk Daftar status ODR

“Kalau bisa kegiatan seperti ini dilanjutkan,” kata Muntasar sebelum melepas peserta gowes di garis start pagi tadi.

Menyusuri rute kota dari Teluk Lalong, Tugu Adipura, Traffic Light Karaton, Jembatan Jole, SPBU Simpong, Kelapa Dua, PLTD, Tugu Adipura, SMPN 1, Hotel Grand Soho, Tugu Nol Kilometer, Pertokoan hingga balik ke Teluk Lalong kembali, sejumlah peserta terlihat ngos-ngosan.

“Uhhh..lumayan. Capek juga,” kata peserta gowes wanita yang mengaku belum terbiasa dengan rute sepanjang itu.

Dalam kegiatan yang diikuti 150 komunitas bikers itu, juga dibagikan doorprize lewat undian bagi sejumlah peserta gowes sehat bareng JOB Tomori.

Baca juga:  Anwar Hafid Minta Menkes Terapkan Usulan Kebijakan Tarif BPJS

Hadiah yang disediakan berupa satu unit sepeda motor, sejumlah sepeda dengan berbagai merk dan jenis, kulkas, televisi dab sejumlah hadiah hiburan lainnya

“Bukan hadiah yang dicari tapi olahraganya,” kata Jack, peserta fun bike asal Soho, menepis candaan temannya terkait partisipasi gowes untuk hadiah.

Meski awalnya dilaporkan sekira 900an peserta, namun diakhir kegiatan panitia kembali mengumumkan bahwa jumlah peserta ternyata membludak.

Jumlah awal yang mendaftar 900an, ternyata di hari pelaksanaan ketambahan peserta hingga mencapai 1.400an orang.

Antusiasme masyarakat dalam kegiatan begitu besar. Peserta sangat bersemangat saat star, meski beberapa diantaranya terlihat selonjoran ‘ngos-ngosan’ usai melewati garis finish. Selfie bareng sepeda bersama kawan jadi agenda terakhir para bikers.*

(van)