Penuhi Syarat Ini Jika Berniat ke Kota Palu

oleh -319 views
Plt Walikota Palu, Sigit Purnomo Said/Pasha Ungu. [SANGALU/Net]

SANGALU, Palu – Menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sulawesi Tengah, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Palu, Sigit Purnomo Said mengeluarkan surat yang ditujukan kepada seluruh Bupati se Sulteng terkait syarat pelaku perjalanan masuk ke Wilayah Kota Palu, Senin (28/9/2020).

Surat dengan nomor 443/1810/HKM/2020 itu menjelaskan, sesuai data Pos Komando Satgas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Palu dan data tim surveylens sampai dengan tanggal 27 September 2020 tercatat pelaku perjalanan sebanyak 6.199 orang, kasus suspek 906 orang dan kontak erat 565 orang,

Sedangkan kasus konfirmasi covid-19 tercatat meninggal dunia sebanyak 7 orang, dalam perawatan 49 orang dan sembuh 58 orang.

Baca juga:  SE 0266 Bawaslu, Posisikan HY di Jurang Diskualifikasi

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka Pemerintah Kota Palu menyampaikan delapan (8) poin penting, yakni,

Pertama, Bahwa mulai tanggal 28 September 2020, setiap pelaku perjanan yang akan masuk ke Wilayah Kota Palu wajib menunjukan surat keterangan dan stik hasil rapid tes non reaktif.

Kedua, Hasil rapid tes dimaksud hanya dapat digunakan satu kali perjalan masuk wilayah Kota Palu dan berlaku maksimal 7 (tujuh) hari sejak tanggal diterbitkan.

Ketiga, Pemeriksaan tersebut dilakukan melalui 6 (enam) pos pintu masuk, yaitu:
• Pos Bandara Mutiara Sis Aljufri
• Pos Pelabuhan Laut Pantoloan
• Pos Pelabuhan Laut Penyeberangan Taipa
• Pos pintu masuk jalan darat Kelurahan Watusampu
• Pos pintu masuk jalan darat kelurahan Pantoloan
• Pos pintu masuk jalan darat Kecamatan Tawaeli

Keempat, Bagi pelaku perjalanan yang tidak dapat menunjukan hasil pemeriksaan rapid tes non reaktif tidak diperkenankan memasuki wilayah Kota Palu.

Baca juga:  IJTI Desak Polisi Segera Usut dan Hukum Aparat Pemukul Wartawan di Palu

Kelima, Pos pintu masuk Kota Palu melalui jalur darat akan dilakukan buka tutup sebagai berikut:
• Dibuka pada pukul 07.00 Wita sampai dengan pukul 23.00 Wita.
• Ditutup pada pukul 23.00 Wita sampai dengan 07.00 Wita.

Keenam, Mohon kiranya bantuan Bupati untuk menyampaikan kepada seluruh warga masyarakat dan agen perjalanan darat atau perusahaan mobil bis tujuan Palu yang ada di wilayahnya.

Ketujuh, Sehubungan dengan maksud tersebut diatas, dan mengingat bahwa disekitar pos pintu masuk tidak tersedia akomodasi penginapan, maka untuk menghindari tertundanya perjalanan dalam waktu lama di pintu masuk agar menyesuaikan dengan waktu buka tutup jalan pintu masuk ke wilayah Kota Palu.

Baca juga:  Bank Syariah Mandiri Luwuk Janji Kembalikan Uang Nasabah yang Dibobol Karyawan

Dan yang terakhir, Persyaratan bagi pelaku perjalanan masuk Kota Palu ini, berlaku sampai diterbitkannya pemberitahuan berikutnya.

 

 

(aum)