Gubernur Sulteng Resmikan Empat Puskesmas dan Lima Pasar Rakyat di Bangkep

oleh -54 views
Gubernur Sulteng saat meresmikan secara simbolis sejumlah puskesmas dan pasar rakyat di Kabupaten Banggai Kepulauan. [SANGALU/IST]

SANGALU, Bangkep – Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola M.Si meresmikan sekira 4 Puskesmas dan 5 Pasar Rakyat secara simbolis di Kabupaten Banggai Kepulauan tepatnya di Desa Kanali Kecamatan Totikum Selatan pada Selasa (15/9/2020) sekira pukul 10.30 Wita.

Melalui APBN yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019, Pemda Bangkep melalui Dinas Kesehatan tekah berhasil membangun sebanyak 4 Puskesmas yakni Puskesmas Totikum Selatan, Lumbi-lumbia, Lolantang dan Bonepuso dengan total dana pembangunan sebesar Rp. 19.210.516.349 (sembilan belas milyar dua datus sepuluh juta lima ratus enam belas ribu tiga ratus empat puluh sembilan rupiah) diluar prasarana seperti alat kesehatan, ipal, ambulans dan lainnya.

Serta sesuai dengan peraturan Presiden No. 11 Tahun 2017 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, maka ada 5 bangunan pasar rakyat yang baru di Kabupaten Bangkep, Pasar rakyat Bonepuso di Kecamatan Bulagi Selatan, pasar rakyat di Desa Mansamat B Kecamatan Tinangkung Selatan, pasar rakyat di Kelurahan Bulagi, Kecamatan Bulagi, pasar rakyat di Desa Lumbi-lumbia Kecamatan Buko Selatan dan pasar rakyat di Desa Luksagu Kecamatan Tinangkung Utara.

Baca juga:  Aksi Cepat Tanggap Karang Taruna Buko Cegah Banjir Susulan

Gubernur Sulteng, Drs. H. Longki Djanggola pada sambutannya menyampaikan bahwa untuk pembangunan 4 ( empat ) unit layanan Puskesmas pembiayaaan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tepatnya berasal dari Kemenkes tahun anggaran 2019 yang capai Rp 20 Milyar.

Sedangkan untuk pembangunan 5 (lima) unit bangunan pasar rakyat itu bersumber dari Kementrian Perdagangan sebanyak 4 (empat) unit, yaitu 2 unit bangunan dari Dana Tugas Perbantuan (TP) dan 2 unit bersumber dari Dana DAK, serta satu unit bangunan merupakan bantuan dari Kementrian Koperasi dan UKM.

Baca juga:  Legislator Bangkep Kritik Kinerja Jubir Gugus Tugas COVID-19

” Dengan diresmikannya Puskesmas ini diharapkan agar lebih meningkatkan pelayanan kesehatan serta memotivasi seluruh insan kesehatan untuk dapat melahirkan inovasi, guna menyelesaikan masalah kesehatan di bumi Trikora, terutama dalam penekanan saya adalah bagaimana upaya agar terus mengatasi Stunting, serta kasus kematian ibu dan anak, karena salah satu kasus tertinggi terdapat di daerah ini,” ujar Gubernur Sulteng dua periode ini.

Ia melanjutkan, Puskesmas dan pasar baru adalah perwujudan komitmen Pemda dalam menghadirkan serta memaksimalkan layanan masyarakat. Sebab, diketahui salah satu standar fasilitas layanan publik yang berkualitas kepada masyarakat adalah fasilitas kesehatan dan pelayanan pasar.

” Adanya penambahan pasar rakyat yang baru ini juga diharapkan dapat berfungsi sebagai salah satu akselarator kemajuan daerah dan ekonomi masyarakat Bangkep,” tambahnya.

Baca juga:  Tiga PDP asal Masama Ternyata Sempat Kontak dengan Penjual Kursi asal Makassar

Setelah memberikan sambutannya, Gubernur Sulteng meresmikan 4 unit Puskesmas dan 5 unit Pasar rakyat dengan melakukan penekanan tombol secara bersama dengan forkopimda Bangkep, selanjutnya dilanjutkan penandatanganan prasasti secara simbolis, yang didampingi Bupati Bangkep serta disaksikan oleh pejabat pendamping.

(aum)