Cuti Bupati dan Wakil Bupati Banggai Ditangguhkan

oleh -533 views
Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim MM dan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo. [SANGALU/IST]

SANGALU, Palu – Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola M.Si mengeluarkan surat penyampaian penangguhan cuti diluar tanggungan negara kepada Bupati dan Wakil Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim MM dan Mustar Labolo, Jumat (25/9/2020).

Surat dengan nomor 850/529/R0.OTDA itu, Gubernur Sulteng menyampaikan memperhatikan surat keputusan Komisi Pmeilihan Umum Kabupaten Banggai Banggai Nomor 50/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020 tanggal 23 September 2020 tentang penetapan bakal pasangan calon petahana dengan status Tidak Memenuhi Syarat sebagai peserta pada Pilkada serentak tahun 2020, sehingga tidak dapat melanjutkan proses cuti di luar tanggungan negara.

Sehubungan dengah hal tersebut, sambil menunggu putusan dari Bawaslu Kabupaten Banggai dan Pengadilan Tata Usaha Negara, maka Gubernur Sulteng menangguhkan cuti di luar tanggungan negara sebagaimana surat sebelumnya perihal cuti di luar tanggungan negara bagi Herwin Yatim sebagai bupati. Termasuk surat nomor 850/473/Ro.OTDA tertanggal 8 September 2020 bagi Mustar Labolo sebagai wakil bupati.

Baca juga:  Open e-Tournament Kata 2020, Tim Inkai Luwuk Raih Juara 3 Umum

Dalam surat tersebut Gubernur Sulteng menjelaskan bahwa kepada Herwin Yatim dan Mustar Labolo tetap menjankan pemerintahan seperti biasanya, menjaga stabilitas keamanan dan mendukung setiap tahapan dalam proses Pilkada yang berlangsung.

Setelah adanya putusan dari Bawaslu Kabupaten Banggai dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang menetapkan hasil keputusan ingkra yang menyatakan bahwa permohonan penggugat diterima dan KPU Banggai menetapkan keduanya sebagai pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, dipersilahkan kepadanya untuk segera melaksanakan cuti di luar tanggungan negara, sehingga gubernur dapat mengukuhkan penjabat sementara bupati.

Baca juga:  Wakili Ketua, Batia Sisilia Hadjar Tutup Turnamen Futsal DPRD Cup

 

(aum)