Begini Tata Cara Pendaftaran Balon Kepala Daerah di KPU Banggai

oleh -132 views
KPU Banggai saat menggelar konfrensi pers bersama awak media diruang pertemuan KPU Banggai, Rabu (2/9/2020). [SANGALU/TOMMY]

SANGALU, Luwuk – Dalam rangka pelaksanaan pendaftaran bakal Calon Buapti dan Wakil Bupati di Pilkada Serentak 2020, KPU Banggai menggelar konfrensi pers bersama awak media diruang pertemuan KPU Banggai, pada Rabu (2/9/2020).

Pada kesempatan tersebut, KPU Banggai menyampaikan sejumlah poin terkait tahap terselenggaranya Pilkada tahun ini. Diantaranya yakni,

Pertama, sesuai ketentuan peraturan KPU nomor 5 tahun 2000 tentang tahapan, program dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, pendaftaran pasangan calon dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 6 September 2020. Hari pertama dan hari kedua sampai pukul 16.00 Wita sedangkan hari ketiga hingga pukul 24.00 Wita. Bertempat di kantor KPU Kabupaten Banggai.

Kedua, Dalam pendaftaran bakal pasangan calon wajib dihadiri oleh ketua dan sekretaris partai politik atau gabungan partai politik pengusul dan bakal pasangan calon.jika berhalangan wajib mensertakan surat keterangan dari intansi yang berwenang.

Baca juga:  Rekomendasi Bawaslu soal Petahana belum Final

Ketiga, sesuai undang-undang nomor 6 tahun 2000 sebagaimana perubahan dari undang-undang 10 tahun 2016 pasal 40 ayat (1) partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi dewan perwakilan rakyat daerah atau 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suarah sah dalam pemilihan umum anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten Banggai. Ayat (2) dalam hal partai politik atau gabungan partai politik dalam mengusulkan pasangan calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit.

Keempat, Bahwa 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten Banggai 35 (tiga puluh lima) yakni kursi 20% X 35 = 7 kursi, sedangkan 25% (dua puluh lima persen) di Kabupaten Banggai yaitu 197.940 X 25% = 49.485 suara sah.

Selain itu, KPU Banggai juga menjelaskan terkait syarat pencalonan yang diserahkan saat pendaftaran.

Pertama, Formulir model B-KWK, surat pencalonan dan kesepakatan bakal calon Bupati/Wakil Bupati dengan partai politik/gabungan partai politik. yakni :

Baca juga:  Gakkumdu Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu Bupati Banggai

Sepakat mendaftarakan bakal pasangam calon Bupati/Wakil Bupati.

Tidak akan menarik bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan didaftarkan.

Sepakat antara partai politik atau gabungan partai politik dengan bakal pasangam calon untuk mengikuti proses pemilihan, dan

Naskah visi, misi dan program pasangan calon.

Kedua, Model B1-KWK Parpol keputusan dewan pimpinan pusat partai politik tentang persetujuan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Pada kesempatan itu pula, KPU juga menjelaskan syarat calon yang diserahkan, yaitu, model BB.1-KWK, model BB.2-KWK dan model BB.3-KWK.

KPU Banggai juga menerangkan bahwa tata cara pemdaftaran dan penyerahan dokumen pendaftaran pasangan calon dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan Covid -19. Partai politik atua gabungan partai politik yang akan mendaftarkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mendaftarkan diri, harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Kabupaten Banggai untuk menyampaika rencana waktu mendaftarkan diri.

Baca juga:  Warga Koyoan Tewas Terjatuh dari Pohon Cengkih

Dan dalam pendaftaran bakal pasangan calom Bupati dan Wakil Bupati dihadiri oleh bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, ketua dan sekretaris partai politik dan gabungan partai politik pengusul, ketua dan sekretaris tim kampanye paslon.

Dan yang terakhir KPU menyampaikan bahwa bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta partai politik dan gabungan partai politik tidak diperkenankan membawa serta pendukung yang mengakibatkan adanya kerumunan massa. KPU Banggai akan melakukan siaran langsung atau live streaming melalui media daring akun facebook, instagram dan youtube KPU Kabupaten Banggai sehingga masyarakat dapat menyaksikan dan mengikuti dari rumah atau tempat kerja.

 

 

(omy)