10 Wartawan Banggai Ikut UKW dari PWI

oleh -70 views
Pembukaan UKW di Hotel Swiss Bellin Luwuk. [SANGALU/IST]

SANGALU, Luwuk – Sekira 10 Wartawan di Kabupaten Banggai mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan IX 2020 yang diselenggarankan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng dan JOB Tomori, pada Minggu (20/9/2020).

Dalam UKW tersebut, dihadiri oleh Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim MM, Kajari Banggai Masnur SH, MH, Ketua PWI Sulteng Mahmud Matahara, Direktur Pendidikan PWI Pusat Rajab Ritonga dan Relation And Land Matter Section Head JOB Tomori , Ruru Rudianto,

Relation And Land Matter Section Head JOB Tomori Ruru Rudianto menyampaikan kali ini pihaknya melaporkan bahwa kegiatan peningkatan kopetensi wartawan perlu dilakukan. Saat ini, Uji Kompetensi Wartawan merupakan tahap 2.

Baca juga:  Pemda Gencar Kampanye New Normal, Positif COVID-19 Banggai Bertambah 3 Orang

” Kali ini ada 10 orang yang mengikuti karena terdapat dua orang yang berhalangan,” ujarnya.

Kata dia, JOB Tomori menekankan wartawan wajib mendapatkan sertifikkasi demi meningkatkan kualitas jurnalisnya. Hal ini sama dengan harapan Pemerintah Daerah Banggai untuk menciptkan jurnalis bersertifikasi.

Senada dengan itu, Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matahara mengatakan Kompetensi era saat ini sangat ketat. Sehingga diharapkan para peserta dapat berlaku profesional. Sehingga dapat lulus dalam UKW saat ini.

“Saya yakin Banggai ini akan menjadi tolak ukur pers kedepan, karena Sulawesi Tengah sangat kurang Tokoh Pers,” tambahnya.

Dirinya berharap, dalam mengikuti ujian nantinya dianggap sebagai bekerja sehari-hari yang profesional. Karna yang paling penting untuk meningkatkan kualitasnya.

Baca juga:  Karang Taruna Nasional Luncurkan Logo BBKT ke-60

Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim MM saat sambutannya menyampaikan JOB Tomori sangat konsisten meningkatkan kualitas wartawan. Dengan adanya kegiatan ini sangat penting untuk mengakui keberadaan pers.

“Inilah salah satu tujuan yang butuh kerjasama kita dan perusahaan agar bisa berjalan baik,” tuturnya.

Dengan jatuhnya APBD Kabupaten Banggai untuk menanggulangi Covid-19, adanya stakeholder sangat membatu pemerintah untuk mengisi hal-hal yang belum dapat tersentuh.

“Saatnya stakeholder mengisi ruang-ruang yang kosong, saya sangat bangga dan bersyukur ada JOB Tomori yang bisa memfasilitasi kegiatan ini,” harapnya.*

Baca juga:  Sebar Hoax soal Prostitusi, Media Abal-abal Dipolisikan Pihak Hotel

 

 

(aum)