10 Wartawan Banggai Dinyatakan Berkompeten

oleh -89 views
Kegiatan penutupan dan pengumuman kegiatan UKW angkatan IX oleh JOB Tomori dan PWI Sulteng. [SANGALU/MARHUM]

SANGALU, Luwuk – Setelah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan IX jenjang muda yang diselenggarakan oleh JOB Tomori Sulawesi bekerjasama dengan PWI Sulawesi Tengah menciptakan sekira 10 Wartawan berkompeten di Kabupaten Banggai, Selasa (22/9/2020).

Relation And Land Matter Section Head JOB Tomori Ruru Rudianto menyampaikan peserta UKW yang kali kedua dilaksanakan oleh JOB Tomori dan PWI Sulteng ini meraih nilai yang lebih baik dari sebelumnya.

” Kegiatan ini juga merupakan kerjasama antara JOB Tomori bersama Forkopimda Kabupaten Banggai yang mensupport kegiatan ini,” tuturnya.

Baca juga:  Ikut Demo, Anak STM Luwuk Orasi Tolak RUU

Direktur Pendidikan PWI Jakarta Prof. Dr. Rajab Ritonga menyampaikan kepada 10 wartawan yang telah dinyatakan berkompeten dapat menjaga marwah dan profesi wartawan saat melaksanakan kerja-kerja jurnalistik.

” Juga dapat mengedukasi wartawan yang belum dinyatakan berkompeten agar dapat menjalankan tugas jurnalistik yang mematuhi aturan dan Kode Etik,” paparnya.

Telebih, Ketua PWI Sulteng, Mahmuf Matangara pada sambutannya menyampaikan setelah melakukan UKW jenjang muda. PWI telah melahirkan sekira 21 wartawan berkompeten di Banggai.

Baca juga:  Dilalap si Jago Merah, Rumah Warga Sinorang Rata Tanah

” Sehingga wartawan yang berkompeten dapat menjalanlan tugasnya dengan baik ” imbuhnya.

Ia berharap, JOB Tomori dapat melakukan kegiatan ini berkesinambungan dan dapat dilaksanakan diwilayah luar Kabupaten Banggai, Palu misalnya.

Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Inf Fanny Pantow saat hadir pada kegiatan ini mengatakan pihaknya selama bertugas di Kabupaten Banggai telah mengenal dan mwngetahui kualitas wartawan yang mengikuti UKW saat ini. Sehingga dirinya optimis 10 peserta UKW akan lulus dari kompetensi.

Baca juga:  Pastikan Bebas Narkoba, Kejaksaan Laksanakan Tes Urine

” Karena saya telah membaca berita mereka, dan memang telah layak diberi komptensi,” tuturnya.

Ia berharap, wartawan yang telah lulus kompetensi ini dapat menjadi mentor bagi para wartawan yang belum mengikuti UKW.

(aum)