Tiba di Luwuk, KM Glory Hilang Kendali dan Menabrak Rumah Warga

oleh -3.552 views
KM Glory Merry - Manado, saat masuk di Pelabuhan Rakyat Luwuk, sesaat sebelum insiden, Kamis (20/8) sekira pukul 17.50 Wita. [SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Sebuah kapal penumpang yang didatangkan untuk melayani rute pelayaran Luwuk – Salakan, bikin heboh warga Luwuk, khususnya di wilayah pelabuhan rotan, Kamis (20/8) sekira pukul 17.50 Wita.

Informasinya, kapal bernama KM Glory dengan kapasitas lumayan besar itu didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara untuk membantu pelayanan lalu lintas laut dari Luwuk, Kabupaten Banggai ke Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Saat tiba di Luwuk dan masuk di Teluk Lalong, KM Glory dijadwalkan akan berlabuh di salah satu dermaga Pelabuhan Rakyat yang telah di siapkan. Namun, kapal ini terus melaju lurus pada posisi seharusnya belok ke kanan.

Baca juga:  Desa Toima Banjir, Pengguna Jalan Waspada Longsor

Alhasil, kapal yang baru tiba itu pun menyeruduk sisi belakang rumah warga yang ada di tepi laut Teluk Lalong. Sejumlah warga yang menyaksikan kejadian itu sempat syok. Terlebih di dalam rumah panggung itu terdapat orang sakit.

Beruntung, meski kapal telah menabrak sisi dapur, namun penghuninya tidak mengalami luka. Namun, sisi belakang mengalami kerusakan dan sejumlah perabot disebut rusak.

Belum ada penjelasan resmi dari managemen pengelola kapal penumpang ini. Namun, sejumlah buruh pelabuhan mengaku kapal tersebut baru tiba dan akan melayani rute Luwuk – Salakan, mengganti salah satu kapal penumpang yang akan melayani rute Taliabu, Maluku Utara.

Baca juga:  Bupati Buka Pordes Masama di Desa Simpangan

“So taturus dia. Harusnya labuh di sini,” kata seorang buruh, sore kemarin.*

(van)