Kades Tombos Buka Dapur Umum bagi Warga Terdampak Banjir

oleh -341 views
Warga saat menyiapkan bahan makanan di dapur umum Desa Tombos, Minggu (2/8). [SANGALU/ Arman]

SANGALU, Balantak Selatan – Melihat sejumlah warga terdampak banjir dari Desa Dondo dan Resarna, Kepala Desa Tombos, Kecamatan Balantak Selatan, Arman Sinukun bergerak cepat dengan membuat dapur umum, Minggu (2/8).

Dapur umum yang dibuka di Balai Pertemuan Umum Desa Tombos itu mendapatkan dukungan penuh dari masyarakatnya. Masyarakat bahu membahu mengumpulkan sembako untuk dibawa ke dapur umum.

Baca jugaDua Rumah Warga Balantak Selatan Roboh Diterjang Banjir

Aksi sosial yang ditunjukkan oleh kades dan masyarakat Desa Tombos ini mendapatkan apresiasi dari sejumlah masyarakat. Pasalnya, aksi cepat tanggap yang dilakukan sangat membantu masyarakat desa tetangga yang terdampak banjir.

Baca juga:  Kejang-kejang, Security Pertamina EP Mendadak Meninggal di Pos Penjagaan CPP Donggi

Kondisi pagar tembok SDN Dondo roboh usai diterjang banjir, Minggu (2/8). [SANGALU/ Alfian Sila]
“Kemanusiaan harus di atas segalanya. Ini juga terlaksana atas dukungan masyarakat desa Tombos yang luar biasa,” kata Arman.

Ia menjelaskan sekira 70 kepala keluarga dari Desa Dondo terdampak banjir. Tiga rumah mengalami rusak parah. Saat ini, sudah disediakan tenda pengungsian oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabuapten Banggai.

“Mereka sudah kembali ke rumah masing-masing karena air sudah surut. Namun ada sekitar 20 rumah yang penghuninya mengungsi karena takut banjir susulan,” ungkapnya.

Hingga berita ini ditayangkan, sejumlah warga terdampak banjir masih bermalam di tenda pengungsian, karena rumah mereka belum dibersihkan. Meski begitu situasi banjir dilaporkan mulai surut.

Baca juga:  Rapid Test, 4 dari Balantak Selatan dan 1 Nuhon Reaktif

Sejumlah rumah dan fasilitas umum dari dua desa terdampak banjir juga rusak parah. Termasuk dua rumah warga dan pagar tembok sekolah dasar setempat.*

(pian)