Jumat Bersedekah, Berbagi Rezeki tanpa Syarat

oleh -322 views
Seorang pengguna jalan menerima sedekah, Jumat (28/8/2020) pagi. [SANGALU/ Van Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Hari masih pagi, beberapa pemuda berwajah sangar berdiri ramah di tepi jalan. Ibu muda berhijab dengan masker hitam berlogo merah putih sibuk mengemas makanan siap saji ke kantong plastik bening. Jum’at bersedekah, 28 Agustus 2020.

Hilir mudik kendaraan roda dua dan roda empat mampir menyapa. Memilih paket sembako atau makanan siap saji yang tergantung rapi sejajar.

Beberapa diantaranya, bahkan menitipkan bungkusan makanan dan sembako, untuk dibagikan ke pengguna jalan.

Boleh taruh sedekahmu, boleh ambil sedekah ini. “Ingat saudaramu yang lain, ambil seperlunya, taruh semampunya”.

Begitu tulisan yang terpampang pada gantungan paket sembako dan makanan siap saji. Siapapun dapat mengambil gratis atau menaruh sedekahnya.

Baca juga:  Cek Rekening Anda! Rp820 juta Dana Nasabah PT BSM Raib

Nasi kuning, mie instan, telur, sayuran mentah, hingga nasi kotak berdatangan dari sedekah warga. Semua dibagikan ke pengguna jalan. Ojek, sopir angkot hingga anak-anak yang mampir, kebagian jatah sarapan pagi.

“Ini sudah jalan dua bulan. Alhamdulillah, kami hanya sekali absen karena saat itu hari jumat bertepatan dengan hari raya Idul Fitri,” kata Dedy, salah satu pengagas ‘Berbagi Sedekah’, ditemui Jumat pagi.

Pecinta club sepak bola AS Roma ini menjelaskan, kegiatan yang saban jumat mereka lakoni itu, merupakan wujud syukur atas berkah dan rezeki yang diterima dari Allah SWT.

Berbagi bersama mereka yang membutuhkan, dan menyalurkan sedekah yang dititip.

Baca juga:  Kedapatan Bersama Istri Orang, Kepala Bank di Luwuk Dipolisikan

“Kalau modal belanja kami ya dari patungan beberapa orang sebagai uang kas. Kemudian ditambah donasi dari warga. Tapi ada pula yang antar langsung berupa makanan seperti tadi,” terang Dedy sebelum pamit, ikut touring bersama rombongan Bupati Banggai Herwin Yatim dengan sepeda motor N-Max_nya.

Antrean kendaraan saat mampir mengambil sedekah yang terpajang, Jumat (28/8/2020) sekira pukul 07.00 Wita. [SANGALU/ Van Pontoh]
Sekali turun kelompok ini membagikan paling sedikit 700 paket sembako ke pengguna jalan.

Driver ojek dan angkutan kota sudah kenal dengan program amal setiap Jumat pagi ini. Mereka tak ragu menyapa lalu mengambil bagiannya.

Baca juga:  Belajar Harus Punya Android, Siswa Terancam Mandek Sekolah

Siapapun boleh mengambil sedekah atau menaruh sedekah, tanpa syarat. Anak kos bisa kak? Bisa, silahkan merapat selagi persediaan ada.

Kelompok ini biasa mangkal di depan kantor Telkom Luwuk, hanya saja karena lokasi itu terpakai sebagai tempat pelepasan rombongan touring yang dipimpin Bupati Banggai Herwin Yatim, maka jumat bersedekah mereka alihkan ke jalan Sutoyo, eks lokasi pasar malam.

Jika Anda tertarik dengan konsepnya, silahkan datang dan antar sedekahmu. Anda juga bisa mengambil sedekah yang terpajang di tempat itu, gratis tanpa syarat.*

(rdk)