Golkar ke AT-FM, Pilkada Banggai Hanya Tiga Petarung?

oleh -413 views
Amirudin Tamoreka saat menerima rekomendasi partai Golkar. [SANGALU/IST]

SANGALU, Luwuk – Mendekati tahap pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai pada Pilkada 2020 semakin memperjelas jumlah kontestannya.

Sebelumnya, sejumlah figur terbaik di Kabupaten Banggai muncul dalam bursa bakal calon kepala daerah ini, seperti Syamsul Bahri Mang dan Happy Manopo (B’Happy). Herwin Yatim dan Mustar Labolo (Winstar) sebagai petahana, Sulianti – Murad dan Zainal Abidin Alihamu (HATIMU) dan Amirudin Tamoreka dan Furqanudin Masulili (AT-FM).

Dari informasi terbaru yang diterima media ini, dari empat pasangan bakal calon kepala daerah di Bumi Babasal ini, terdapat tiga pasang bakal calon menempati posisi aman dengan mengantongi rekomendasi partai yang telah memenuhi standar minimal sebagai syarat mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai. Mereka yakni Winstar dengan dukungan partai PDIP, PKS dan Perindo. Sedangkan AT-FM saat ini telah berhasil mengantongi partai NasDem, PKB dan Golkar. Serta HATIMU dititik aman karena adanya partai Gerindra dan PAN.

Baca juga:  Bawaslu Rekomendasikan Bupati Banggai dan Morut TMS di Pilkada 2020

Dengan kontalasi politik seperti diatas, partai yang belum menentukan keberpihakannya yakni Hanura dengan kekuatan satu kursi di Parlemen Lalong. Dengan begitu, diyakini pasangan B’Happy yang awalnya optimis mendapatkan dukungan dari sejumlah parpol termasuk Partai Golkar, kini terkandas untuk maju sebagai Calon Kandidat Kepala Daerah karena hanya menyisahkan satu partai dengan kekuatan satu kursi saja.

Jika formasi partai disejumlah kandidat bakal calon tidak berubah, maka dipastikan kontestasi Pilkada Banggai di tahun 2020 ini hanya dapat di ikuti oleh tiga pasangan calon saja, yakni Winstar, AT-FM dan HATIMU.

Baca juga:  PKB Mantap Menangkan AT-FM

Andai ada pertanyaan kemanakah arah partai Hanura ???

Maka jelas, keberpihakan partai Hanura hanya dapat menambah kekuatan politik bakal calon kandidat, namun tidak dapat merubah jumlah kontestan dalam pertarungan politik bergengsi tahun ini.

 

aum