Bupati Banggai Buka Pelatihan TP PKK dan Kader Posyandu Kelurahan Haper

oleh -80 views
Bupati Banggai saat menghadiri dan sekaligus membuka pelatihan TP PKK dan Kader Posyandu. [SANGALU/IST]

SANGALU, Luwuk – Pemerintah Kabupaten Banggai hingga saat ini masih berkomitmen berperang melawan stunting. Seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Hanga-hanga Permai (Haper), Kecamatan Luwuk Selatan yang menggelar pelatihan untuk Tim Penggerak PKK dan Kader Posyandu yang dilaksanakan pada Jumat (21/8/2020) di Hotel Santika, Luwuk Selatan.

Acara dimulai dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, setiap orang yang datang terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan cairan disinfektan di sepatu dan memakai handsanitizer.

Kegiatan yang mengambil tema Peran Dasa Wisma dalam Pencegahan Stunting Dengan 3 M (Mengenal, Mencegah, Menangani) itu dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM.

Baca juga:  Kinerja tak Maksimal, Bupati Bakal 'Segarkan Kabinet' Terakhir Bulan Depan

Acara diawali laporan dari Ketua TP PKK Kelurahan Haper, Fadlun Agama.

Lurah Haper, Fatria Anugerah Djalal, mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam membina posyandu. Karena kader posyandu akan mendapatkan satu tugas tambahan, yakni masalah penanganan Stunting.

Dalam sambutannya Bupati Banggai menjelaskan bahwa dalam dua tahun terakhir ini, Kabupaten Banggai menjadi perhatian karena berhasil menurunkan jumlah balita stunting dari 31,4 persen menjadi 19 persen.

Bupati Herwin menjelaskan, bahwa angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Banggai pada 2015 masuk kategori sangat tinggi yaitu 15 kasus atau 271/100.000 kelahiran hidup, sementara target MDG’s 2015 yaitu 102/100.000 kelahiran hidup. Masalah lain adalah tingginya prevalensi stunting (balita pendek) yakni sebesar 31,4% dimana kedua masalah tersebut terkait dengan masalah gizi pada ibu hamil.

Untuk mengatasinya dibutuhkan upaya inovatif sebagai terobosan untuk mempercepat penurunannya dengan fokus pada perbaikan gizi 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Baca juga:  Hujan Dua Hari, 18 Rumah di Banggai Kepulauan Terendam Banjir

Hadir sebagai pemateri, Moh. Ramli Tongko, S.Sos, ST, M.Si dari Bappeda dan Litbang, Suyanti, S.Pd, mewakili dr. Anang Otoluwa dan Syamsudin Ladjawa dari Puskesmas Kampung Baru.

Acara juga diisi dengan penyerahan bantuan kepada TP PKK Kelurahan Haper dan penandatangan kesepakatan antara Bupati Banggai, Lurah Haper dan Ketua TP PKK Haper.

Hadir pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kabupaten Banggai, Hj. Mina Ibal Malewa, sejumlah pimpinan OPD, Camat Luwuk Selatan, serta anggota TP PKK dan Kader Posyandu se-Kelurahan Haper.

Baca juga:  Pemda Banggai Hutang Tagihan Listrik PLN Rp1,5 M

 

Tim Liputan Bidang Media Diskominfo