Awasi Coklit, Panwascam ikut Masuk Pedalaman Desa Boloak

oleh -177 views
Pengambilan data pemilih oleh tim coklit Kecamatan Balantak Selatan, Kamis (6/8). [SANGALU/ Alfian Sila]

SANGALU, Balantak Selatan – Untuk memastikan pelaksanaan pencoklitan dilakukan dengan benar, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Balantak Selatan terjun langsung hingga ke pedalaman Desa Boloak, Kamis (6/8).

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (Kordiv SDM) Panwascam Balantak Selatan, Eri Ise S.Km mengungkapkan pihaknya turun langsung mengawasi pelaksanaan pencoklitan di wilayah pedalaman Desa Boloak bersama tim coklit.

Beruntung, meski di pedalaman tapi kendaraan bermotor masih bisa digunakan melalui medan berat.

Namun, sekira satu kilometer lebih, kendaraan harus diparkir. Kemudian berjalan kaki, karena medan ekstrim yang tak bisa dilewati kendaraan lagi.

Baca juga:  Gempa 6,6 SR di Bolsel Terasa Hingga ke Luwuk

“Jaraknya itu kira-kira 13 kilometer. Tapi satu setengah kilometer kami jalan kaki,” ungkap Eri.

Pemasangan tanda telah didata sebagai DPT jelang Pilkada 2020 oleh tim coklit, Kamis (6/8). [SANGALU/ Alfian Sila]
Eri menjelaskan bahwa meski sejumlah warga itu berada di wilayah pedalaman Desa Boloak, namun mereka tercatat sebagai warga Dusun III Desa Tongke, Kecamatan Balantak Selatan.

“Keseharian mereka memang berkebun di sana. Sudah lama begitu. Jadi untuk memastikan data maka pencoklitan yang dilakukan tim harus ke pedalaman. Jaraknya jauh. Kami pun ikut untuk melakukan pengawasan,” paparnya.

Menurut Eri, mereka akan terus melakukan pemantauan atas kegiatan pencoklitan yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Balantak Selatan. Meski harus masuk ke pedalaman hutan.

Baca juga:  Bandara SA Amir Luwuk Beroperasi Ditengah Sejumlah Maskapai Cancel Flight

Sebagai Panwascam, mereka wajib memastikan bahwa pencoklitan berjalan baik dan menghasilkan data yang valid. Dengan harapan, pemilihan umum dapat berjalan dengan baik, jujur dan adil.*

(pian)