Andi Rustam: 160 Setifikat Warga Toili Belum Dikembalikan PT Pertamina EP

oleh -181 views
Papan Obvitnas PT Pertamina EP Donggi-Matindok Field Asset 4. [SANGALU/MARHUM]

SANGALU, Toili – Camat Toili Andi Rustam Dj Pettasiri geram dengan adanya persoalan yang ditimbulkan oleh adanya investasi sektor migas PT Pertamina EP yang kian berlarut-larut.

Betapa tidak, menurut catatan Camat Toili ini terdapat kurang lebih 160 sertifikat/surat kepemilikan lahan masyarakat Toili di 8 desa yang sejak pembebasan lahan jalur pipa hingga saat ini belum juga dikembalikan perpecahannya.

” Kita bukan niat menghalang-halangi investasi masuk diwilayah ini, karena visi dan misi Pemerintah Daerah adalah ramah investasi. Tapi jika investasi merugikan masyarakat, maka kita akan berdiri didepan demi kepentingan rakyat,” ujar mantan Lurah Maahas, Kamis (20/08/2020) sekira pukul 16.00 Wita.

Baca juga:  Aklamasi, Irfan Bungadjim Pimpin Karang Taruna Banggai

Tidak hanya itu saja, kata putra Djar’un Sibay ini. Ada dampak negatif yang ditimbulkan oleh aktivitas perusahaan plat merah ini khususnya disektor pertanian. Yang mana terdapat sejumlah titik tanggul jalur pipa yang amblas/longsor dan jatuh diarea persawahan masyarakat.

“Yang seperti ini dapat menggangu proses pengelolaan lahan pertanian dan berdampak pada hasil para petani,” tambahnya.

Ia berharap, kejadian seperti ini dapat menjadi perhatian. Sehingga tidak ada lagi masyarakat Toili tidak masuk pada persoalan yang sama.

Baca juga:  Enam Warga yang Hilang di Kecamatan Nambo Ditemukan Selamat

Disisi lain, dari catatan media ini menyebutkan bahwa selain di Kecamatan Toili, persoalan sertifikat/surat kepemilikan lahan masyarakat yang belum dikembali oleh PT Pertamina terkait lahan jalur pipa terjadi juga di Desa Kamiwangi Kecamatan Toili Barat sebanyak 47 sertifikat/surat kepemilikan lahan.

Humas PT Pertamina EP Donggi – Matindok Field Asset 4, Ikhsan saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp, mengatakan dirinya masih berupaya meminta petunjuk dari pihak Pertamina yang lebih berkopeten mengenai persoalan ini.

Baca juga:  Herianto Sahidu Pimpin Karang Taruna Kecamatan Nambo

“Saya minta petunjuk dulu dinda, soalnya saya ini kan bukan apa2 dipertamina hanya pelengkap N bukan orang berwenang utk hal2 seperti ini,” ujar Iksan melalui pesan WhatsAppnya.

Dia juga menyarankan agar jurnalis Sangalu.com mengkonfirmasi kepada Dika (Dika Anggoro) yang diketahui menduduki posisi Legal and Relation PT Pertamina Donggi-Matindok Field Asset 4.

 

aum