Pengakuan Nur Bantu Polisi Ungkap Sindikat Pencurian Motor di Luwuk

oleh -1.114 views
Dua pelaku pencurian sepeda motor bersama satu barang bukti saat diamankan polisi, Senin (13/7). [SANGALU/ Polres Banggai]

SANGALU, Luwuk – Personil Satuan Reserse Kriminal Polres Banggai berhasil mengungkap sindikat pencurian sepeda motor yang belakangan meresahkan masyarakat Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Tiga dari empat tersangka pencurian dengan kunci rakitan ini telah diamankan di sel tahanan Polres Banggai.

Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIk melalui Kasat Reskrim AKP Pino Ary SIk mengungkapkan penangkapan para pelaku bermula dari seorang pelaku yang tertangkap tangan tengah melakukan aksi di siang bolong. Pria yang belakanggan diketahui bernama Nur Hidayat itu nyaris babak belur diamuk massa yang kesal akan perbuatannya.

Polisi yang tiba di lokasi langsung mengamankan pelaku dan membawanya ke Mapolres Banggai. Dari penggakuannya, terungkaplah sejumlah nama yang pernah melakukan aksi pencurian bersama serta seorang penadah yang kerap menjadi langganan mereka dari Kecamatan Pagimana.

Baca juga:  Nenek 84 Tahun Selamat dari Banjir di Punggung Kapolsek

Kepada polisi, Nur Hidayat mengaku melakukan aksinya bersama Rizky Lakoro dan Marwan alias Alex. Polisi langsung melakukan penyelidikan dan pencarian para pelaku yang disebutkan oleh Nur Hidayat. Minggu pekan lalu, polisi mendapat informasi bahwa Alex terlihat wilayah Kelurahan Jole Kecamatan Luwuk Selatan, dengan barang bukti berupa 6 unit sepeda motor hasil curian.

Ke enam sepeda motor hasil curian tersebut antara lain; satu unit sepeda motor Honda Beat hasil pencurian di Desa Nonong, Kecamatan Batui besama Nur Hidayat. Kemudian satu unit sepeda motor X-Tride hasil curian dari Desa Ombolu, Kecamatan Batui Selatan, bersama Nur Hidayat.

Baca juga:  Klaster PT PAU, Gugus Tugas Umumkan Banggai Ketambahan 4 Positif COVID-19

Satu unit sepeda motor Honda Blade hasil pencurian dari desa Ondo-ondolu Kecamatan Batui Selatan yang dilakukan bersama Nur Hidayat.

Satu unit sepeda motor Honda Revo hasil pencurian dari Desa Ondo-ondolu Kecamatan Batui yang dilakukan bersama Rizky Lakoro dan Nur Hidayat. Serta satu unit sepeda motor Suzuki FU hasil pencurian di Kelurahan Simpong Kecamatan Luwuk Selatan bersama Nur Hidayat dan Rizky Lakoro.

Sehari setelah penangkapan Alex, polisi kembali mengamankan seorang pria yang diduga menjadi penadah yakni Ridwan Sampelang alias Aco (38), warga Jayabakti yang berdomisili di Kelurahan Bungin.

Baca juga:  Gara-gara Hati, HY Tega Bunuh Mertua dengan Racun Ikan

Kepada polisi, Aco mengakui bahwa tiga unit sepeda motor yakni Honda Blade, Honda Revo dan Yamaha X-Tride tengah dalam proses penjualan. Bahkan, satu unit sepeda motor Yamaha jenis X-Tride saat ini masih dalam pencarian polisi karena diduga telah dijual pelaku.*

(van)