Matangkan Persiapan Seleksi, Kodim 1308 LB Godok 357 Secaba Prajurit Karir

oleh -122 views
Ratusan peserta seleksi Prajurit Karir TNI AD saat mengikuti pembinaan khusus di Kodim 1308 LB beberapa waktu lalu. [SANGALU/ Kodim 1308]

SANGALU, Luwuk – Untuk mematangkan persiapan seleksi Prajurit Karir (PK) di Kodam XIII Merdeka, di Manado pada bulan Agustus 2020, sebanyak 357 peserta Sekolah Calon Bintara (Secaba) terus digodok pembinaan khusus di Kodim 1308 Luwuk Banggai.

Dandim 1308/LB Letkol Infanteri Fanny Pantouw mengatakan seleksi tahap awal itu sekaligus melakukan cek fisik serta Kesehatan peserta, sebelum memasuki tahapan seleksi selanjutnya.

“Tahap awal ini sebanyak 357 peserta sudah terdaftar berkasnya. Kami disini melakukan pemeriksaan awal sekaligus pembinaan fisik mereka,” kata Dandim Fanny Pantouw, Kamis (30/7).

Baca juga:  Amblas, Jalan di Desa Luok Balantak Dialihkan dengan Sistem Buka Tutup

Seluruh peserta, kata dandim, merupakan putra putri peserta calon Secaba PK TNI AD tahun 2020, merupakan putra putri yang berasal dari wilayah Kodim 1308 LB, yakni Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut.

“Jadi seleksi ini tanpa dipungut biaya. Siapa saja yang memenuhi persyaratan akan diterima dan dipersilahkan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya,” terang dandim, sembari mengingatkan agar para peserta mematuhi protokol kesehatan dalam keseharian.

Dandim mengungkapkan setelah pembinaan dan seleksi berkas di Kodim 1308 LB, akan dilanjutkan dengan seleksi Subpanda di Korem 132 Tadulako, jika lolos di situ, selanjutnya akan mengikuti seleksi lanjutan Panda di Kodam XIII Merdeka di Manado.

Baca juga:  Kapolres Bersama Dandim Patroli Pengamanan Ibadah Malam Natal

Senada, Pasi Ops Kodim 1308 LB, Kapten Infanteri Hamdja mengatakan harapan terbesar perwakilan Kodim 1308 LB yang dikirim dalam seleksi selanjutnya di Manado dapat memperlihatkan hasil terbaik. Dengan begitu, saat lolos nanti akan membawa nama baik Kodim 1308 LB di kesatuan tugasnya.

Tak hanya itu, melihat situasi saat ini, Kapten Hamdja mengingatkan para peserta yang menggunakan sepeda motor agar dapat mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Sebagai calon prajurit, mereka diharapkan dapat memerlihatkan jiwa ksatria dengan tidak melanggar aturan berlalu lintas.

Baca juga:  Surprise Kapolres Banggai Untuk Dandim 1308/LB di HUT TNI ke 75

“Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 20 Agustus 2020. Kemungkinan jumlah pendaftar masih akan bertambah. Bagi yang memenuhi persyaratan silahkan mendaftar. Nanti akan diseleksi berkas sebelum memasuki tahapan seleksi selanjutnya,” tutur Hamdja.*

 

(Omy)