Cipayung Plus Banggai Gotong Royong Bangun Desa

oleh -45 views

SANGALU, Luwuk Timur – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus mulai menggagas program peningkatan kualitas sumber daya masyarakat desa. Ini dilakukan secara gotong royong.

Pada program perdana, Kelompok Cipayung Plus yang terdiri dari organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan KMHDI ini menggelar sosialisasi tentang ekonomi kreatif kerakyatan desa.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Honduhon, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai, siang tadi (23/7).

Baca juga:  Diduga Terkendala Biaya Bersalin, Bayi Meninggal Sebelum Operasi Cesar

“Ini sebagai bentuk pengabdian organisasi kemahasiswan Cipayung Plus kepada masyarakat,” kata koordinator kegiatan, Dzikri Noordiansyah.

Mahasiswa lanjut dia, sudah selayaknya menjadi garda terdepan untuk memberikan solusi ke masyarakat desa. Terutama membuka cara pandang masyarakat tentang potensi desa yang bisa digarap. Meski berskala lokal, namun berdaya saing.

Di kegiatan ini, mahasiswa tak sendiri. Turut terlibat sebagai pemateri dari Dinas Koperasi dan UMKM Banggai, Camat Luwuk Timur, Kapospol Luwuk Timur serta aparat desa setempat.

“Kami bersyukur, kegiatan ini sangat direspon positif masyarakat. Karena memberikan spirit menjalankan usaha mikro,” tutur kader GMNI Luwuk Banggai ini.

Baca juga:  13,2 Persen Pasien COVID-19 Meninggal Miliki Penyakit Hipertensi

Dzikri mengaku, kegiatan ini akan terus berlanjut hingga impian masyarakat desa menjalani usaha mikro terwujud dan sukses, sehingga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Kami sudah bagikan formulir pendataan usaha kepada masyarakat, agar terdata di dinas supaya dapat pendampingan pemerintah,” kata Dzikri.*

 

(awi)