Buaya Lalong Berhasil Ditangkap di Pantai Bubung

oleh -308 views

SANGALU, Luwuk – Seekor buaya remaja yang sempat menghebohkan warga Luwuk karena penampakannya di Teluk Lalong, akhirnya berhasil ditangkap di Pantai Bubung, Senin (6/7) malam.

Ketua GAM Luwuk, Idhin Massa yang selama ini memimpin upaya penangkapan buaya di Teluk Lalong membenarkan informasi itu. Ia mengaku sudah dihubungi kawan dari BKSDA.

“Kawan dari BKSDA bilang sudah ditangkap buayanya di pantai Bubung. Sudah aman,” terang Idhin.

Ia menjelaskan tiga hari belakangan memang buaya tersebut sudah tak terlihat di perairan Teluk Lalong. Sempat terekam kamera warga, buaya tersebut berenang di Pantai Kilo Lima menuju perairan Desa Bubung.

Baca juga:  Usai Kunjungi Ibu, Mantan Ketua KNPI Bunta Tewas Tertimpa Pohon

“Kita bersyukur sudah berhasil diamankan BKSDA buaya itu. Sehingga tidak meresahkan warga lagi,” kata Idhin.

Buaya Lalong sesaat sebelum ditangkap petugas dan warga di pantai Desa Bubung, Senin (6/7) malam. [SANGALU/ Ist]
Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Bakiriang, I Nyoman Ardika mengungkapkan pihaknya akan langsung membawa buaya itu ke wilayah konservasi.

“Habitatnya yang disiapkan pemerintah memang di sana. Jadi buaya ini akan kita lepasliarkan ke kawasan Bakiriang,” kata Nyoman.

Sebelumnya, Nyoman juga menjelaskan bahwa buaya yang terlihat itu merupakan buaya muara. Diduga buaya itu sampai ke Teluk Lalong karena terseret arus gelombang laut.*

Baca juga:  Tiga Warga Hilang Ditemukan, Kades: Mereka Ambil Jalur Memutar

(van)