Aksi Cepat Tanggap Karang Taruna Buko Cegah Banjir Susulan

oleh -178 views
Pembersihan selokan yang dilakukan Karang Taruna Desa Tataba, Jumat (31/7). [SANGALU/ Tommy]

SANGALU, Bangkep – Mengantisipasi banjir susulan di Desa Tataba, Kecamatan Buko dan sekitarnya, belasan anggota Karang Taruna Jaya Mandiri Tataba melakukan aksi cepat tanggap dengan pembersihan areal saluran dan drainase, Jumat (31/7).

Azis, salah satu anggota Karang Taruna menjelaskan bahwa gerakan yang mereka lakukan itu bertujuan untuk mengantisipasi banjir susulan. Sebab, hujan masih kerap menghampiri wilayah Banggai Kepulauan.

“Kami melakukan pembersihan rerumputan yang menghalangi arus air di selokan. Harapannya aksi kami ini bisa mencegah banjir susulan,” kata Azis.

Baca juga:  Lima Desa di Dataran Toili Terendam Banjir

Diketahui, jumat pagi jelang salat Idul Adha 1441 H, warga Desa Tataba disibukkan dengan banjir yang melanda pemukiman penduduk. Banjir ditenggarai karena aliran air hujan dan luapan air sungai yang tidak mengalir baik di selokan.

Baca jugaWarga Buko Sambut Idul Adha di Tengah Banjir

Kondisi jembatan Labasiano usai diterjang banjir, Jumat (31/7). [SANGALU/ Tommy]
Jembatan Labasiano

Selain menggenangi pemukiman warga Desa Tataba, Kecamatan Buko, banjir juga mengakibatkan jembatan penghubung antar Desa Peling Lalomo dan Desa Labasiano terancam roboh.

Jembatan ini merupakan jembatan penghubung antar wilayah kecamatan ke ibu kota Kabupaten Banggai Kepulauan. Kondisi jembatan yang mengalami longsor langsung disikapi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Buko.

Baca juga:  Positif Narkoba, Polisi Berpangkat Bripka Dipecat

Camat Buko didampingi Babinkamtibmas dan Babinsa, serta warga sekitar langsung melakukan aksi penutupan sementara jalur jalan melewati jembatan tersebut.

Bupati Banggai Kepulauan, Rais Adam dan Ketua DPRD Bangkep Rusdin Sinaling langsung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun lapangan.

Pun begitu dengan Kapolres Bangkep, AKBP Reza Simanjuntak yang langsung memerintahkan anggotanya dari Polsek Buko dibantu anggota Koramil Buko untuk melakukan pengamanan dan mengingatkan warga terkait kondisi jembatan.*

 

 

(Omy)